METODE AUDIO-LINGUAL PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA UNTUK MAHASISWA REGIONAL POLYTECHNIC INSTITUTE TECHO SEN TAKEO KAMBOJA

  • Exti Budihastuti

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan menjelaskan Metode Audio-Lingual pada pembelajaran BIPA yang digunakan di RPITS Takeo pada Maret-Juni 2016. Takeo terletak delapan puluh lima kilometer dari Phnom Penh, ibukota Kamboja. Mahasiswa RPITS Takeo belum mengenal Indonesia, hampir lima puluh persen dari mereka belum lancar membaca huruf Latin dan tidak menguasai bahasa Inggris. Penelitian ini mengunakan teori pembelajaran bahasa Abdul Chaer dan teori metode pengajaran BIPA Ridwan Abdullah Sani dan Nuny Sulistiany Idris. Penelitian ini mengunakan pendekatan kualitatif dengan teknik pengamatan dan studi pustaka. Responden yang diamati adalah 175 siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa setelah dilakukan pengamatan selama empat bulan siswa dapat mengucapkan salam, memperkenalkan diri, dan menyebutkan hari, bulan, dan tahun, serta angka satu sampai dengan sepuluh dalam bahasa Indonesia.


 


Kata-kata Kunci: BIPA, pembelajaran bahasa, metode-audio lingual, RPITS Takeo

Published
2017-07-03
How to Cite
BUDIHASTUTI, Exti. METODE AUDIO-LINGUAL PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA UNTUK MAHASISWA REGIONAL POLYTECHNIC INSTITUTE TECHO SEN TAKEO KAMBOJA. FKIP e-PROCEEDING, [S.l.], p. 43-54, july 2017. ISSN 2527-5917. Available at: <https://jurnal.unej.ac.id/index.php/fkip-epro/article/view/4852>. Date accessed: 26 sep. 2021.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.