FENOMENA GLOBAL DALAM PROSA FIKSI INDONESIA

  • Endang Sriwidayati Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FKIP, Universitas Jember

Abstract

Bangsa Indonesia telah bergaul dengan  bangsa-bangsa lain di dunia sebelum abad ke 20. Pergaulan tersebut mengakibatkan saling  pengaruh dan mempengaruhi.  Saling pengaruh

mempengaruhi terjadi pula di dalam karya sastra  di Indonesia,  seperti Mahabarata dan Ramayana (pengaruh dari India yang beragama Hindu) atau bangsa Indonesia yang mempengaruhi bangsa lain, dengan cerita Panji yang dikenal luas di Malaysia, di Hindia Belakang. Pengaruh mempengaruhi inilah yang menjadikan  fenomena prosa fiksi Indonesia  saat ini menjadi  global. Fenomena global yang  dikemukakan pengarang prosa fiksi tersebut  menarik untuk dicermati, dan diapresiasi,agar dalam era globlalisasi saat ini, kita sebagai warga masyarakat sastra, mampu  beradaptasi maupun  berkreasi  sesuai keinginan  zamannynya. Berdasarkan pada apa yang telah diuraikan, maka rumusan masalahnya adalah: Bagaimanakah Fenomena global  dalam prosa fiksi Indonesia dalam karya-karyanya. Fenomena  prosa fiksi Indonesia setelah dicermati  menunjukkan bahwa prosa  fiksi  Indonesia baik sebelum Perang  Dunia Kedua sampai dengan  prosa fiksi Indonesia modern, dan  kontemporer  berfenomena globlal. Simpulan yang diperoleh  menunjukkan; Jika seseorang mampu menghayati makna global dalam prosa fiksi, baik dari sisi isi, pandangan dan sikap hidup, bahasa dan ide kreatif yang dikemukakan pengarang, maka dapat dipastikan dapat menyiasati  arus globlalisasi saat ini maupun yang akan datang.

 

Kata Kunci: fenomena global, prosa fiksi, Indonesia 

Published
2017-03-22
How to Cite
SRIWIDAYATI, Endang. FENOMENA GLOBAL DALAM PROSA FIKSI INDONESIA. FKIP e-PROCEEDING, [S.l.], mar. 2017. ISSN 2527-5917. Available at: <https://jurnal.unej.ac.id/index.php/fkip-epro/article/view/4424>. Date accessed: 28 mar. 2024.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.