Metode Pembelajaran Berbasis IPTEK dan Peran Pendukung dalam Pembelajaran

  • Naili Afkarina Universitas Jember
  • Yanuar Abimanyu
  • Dea Ananda Yulia Agustin
  • Septia Rachma Wulansari

Abstract

Inovasi pembelajaran berbasis IPTEK di era society 5.0.sebenarnya banyak


permasalahan yang dihadapi oleh para siswa saat pembelajaran,dari malas belajar,


materi sulit untuk dipahami,materi yang diajarkan disekolah dituntut harus dikuasai


oleh para siswa,dan sebagainya.sebenarnya siswa sangat keberatan dengan ini


semua,tapi tidak heran kalau pendidikan di Indonesia tidak maju karena ini.sudah


tugas seorang tenaga pendidik dan juga orang tua agar anak dan siswa yang ada di


Indonesia bisa menyesuaikan dengan ini semua dengan cara penggunaan teknologi


yang maksimal.dengan menggunakan handphone Android atau dengan


menggunakan laptop,dengan melalui siaran langsung lewat aplikasi zoom atau


pengiriman materi melewati video YouTube.dengan menggunakan e- learning elearning adalah pelatihan, pembelajaran, atau pendidikan yang diberikan secara


online melalui komputer atau perangkat digital lainnya. Hal-hal yang harus


dipersiapkan untuk dapat melakukan eLearning adalah Internet, Mengembangkan


multimedia, peralatan, dan Learning Management Systems.Keuntungan


penggunaan eLearning adalah guru dan siswa tidak harus berada disuatu tempat


secara bersamaan dan waktu pembelajaran yang fleksibel.Video-Assisted Learning


(Pembelajaran berbasis video)Ini adalah strategi dalam pendekatan dalam


mengajar menggunakan video, baik itu yang berhubungan dengan pendidikan atau


konseptual, untuk meningkatkan pemahaman siswa, kemampuan kognitif, dan


keahlian sosial-emosional.Dengan menggunakan video maka materi pelajaran


dapat dibuat menjadi menarik dengan adanya gambar dan suara.metode yang di


gunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif yaitu dengan cara wawncara


Kata kunci : metode pembelajaran, teknologi, tenaga pendidik 

Published
2024-12-29
How to Cite
AFKARINA, Naili et al. Metode Pembelajaran Berbasis IPTEK dan Peran Pendukung dalam Pembelajaran. FKIP e-PROCEEDING, [S.l.], v. 7, n. 1, dec. 2024. ISSN 2527-5917. Available at: <https://jurnal.unej.ac.id/index.php/fkip-epro/article/view/37913>. Date accessed: 24 jan. 2025.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.