Analisis Gaya dan Cara Belajar pada Masa Peralihan Siswa ke Mahasiswa di Era Society 5.0
Abstract
Gaya belajar menjadi salah satu faktor yang mempengaruhi hasil akhir proses
pembelajaran. Pada era society 5.0 proses pembelajaran pada mahasiswa sudah
berubah dari era sebelumnya. Terutama pada mahasiswa baru yang harus
beradaptasi dari masa peralihan siswa menuju ke jenjang yang lebih tinggi, yaitu
mahasiswa. Dalam hal ini, kemampuan seseorang untuk memahami dan menyerap
pembelajaran berbeda tingkatnya. Terdapat beberapa mahasiswa yang cepat dalam
menyerap materi pembelajaran, ada pula yang lambat dalam menyerap
pembelajaran. Karenanya, mahasiswa sering kali harus menempuh cara yang
berbeda untuk bisa memahami informasi atau pembelajaran yang sama. Tentunya
hal ini berlaku pada mahasiswa baru dimana sistem yang berlaku berpusat pada
mahasiswa yang dituntut untuk masuk dalam jenjang andragogi atau pendidikan
orang dewasa. Hal ini menyebabkan mahasiswa baru harus beradaptasi terhadap
sistem di perguruan tinggi, mahasiswa dituntut aktif dalam mencari materi dan
memahami materi tersebut secara mandiri sehingga dibutuhkannya cara belajar
yang lebih optimal dalam perkuliahan agar dapat mengatur waktu antara belajar,
mengikuti organisasi, dan istirahat. Maka dari itu, tujuan dilakukannya penelitian
ini agar dapat mengetahui bagaimana cara dan gaya belajar yang tepat bagi
mahasiswa baru di tengah era society 5.0 menggunakan metode penelitian
kuantitatif dengan cara melakukan peninjauan.
Kata Kunci: Mahasiswa Baru, Gaya Belajar, Cara Belajar