Analisis Gaya dan Cara Belajar pada Masa Peralihan Siswa ke Mahasiswa di Era Society 5.0

  • Naili Afkarina Universitas Jember
  • Devi Fionita
  • Frisca Herlia Putri
  • Nara Ratih Nur Puapitasari

Abstract

Gaya belajar menjadi salah satu faktor yang mempengaruhi hasil akhir proses


pembelajaran. Pada era society 5.0 proses pembelajaran pada mahasiswa sudah


berubah dari era sebelumnya. Terutama pada mahasiswa baru yang harus


beradaptasi dari masa peralihan siswa menuju ke jenjang yang lebih tinggi, yaitu


mahasiswa. Dalam hal ini, kemampuan seseorang untuk memahami dan menyerap


pembelajaran berbeda tingkatnya. Terdapat beberapa mahasiswa yang cepat dalam


menyerap materi pembelajaran, ada pula yang lambat dalam menyerap


pembelajaran. Karenanya, mahasiswa sering kali harus menempuh cara yang


berbeda untuk bisa memahami informasi atau pembelajaran yang sama. Tentunya


hal ini berlaku pada mahasiswa baru dimana sistem yang berlaku berpusat pada


mahasiswa yang dituntut untuk masuk dalam jenjang andragogi atau pendidikan


orang dewasa. Hal ini menyebabkan mahasiswa baru harus beradaptasi terhadap


sistem di perguruan tinggi, mahasiswa dituntut aktif dalam mencari materi dan


memahami materi tersebut secara mandiri sehingga dibutuhkannya cara belajar


yang lebih optimal dalam perkuliahan agar dapat mengatur waktu antara belajar,


mengikuti organisasi, dan istirahat. Maka dari itu, tujuan dilakukannya penelitian


ini agar dapat mengetahui bagaimana cara dan gaya belajar yang tepat bagi


mahasiswa baru di tengah era society 5.0 menggunakan metode penelitian


kuantitatif dengan cara melakukan peninjauan.


Kata Kunci: Mahasiswa Baru, Gaya Belajar, Cara Belajar

Published
2024-12-29
How to Cite
AFKARINA, Naili et al. Analisis Gaya dan Cara Belajar pada Masa Peralihan Siswa ke Mahasiswa di Era Society 5.0. FKIP e-PROCEEDING, [S.l.], v. 7, n. 1, dec. 2024. ISSN 2527-5917. Available at: <https://jurnal.unej.ac.id/index.php/fkip-epro/article/view/37912>. Date accessed: 24 jan. 2025.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.