Penggunaan Aplikasi PhEt dalam Praktikum Gerak Parabola untuk Mahasiswa Pendidikan Fisika sebagai Penerapan Era Society 5.0

  • Naili Afkarina Universitas Jember
  • 1Fadhiyah Nurul Qowasmi
  • Alifia Aminingrum
  • Mafaza Nuris Sabeta

Abstract

Pendidikan di era Society 5.0 menuntut setiap orang untuk lebih kreatif,


inovatif, produktif, mudah beradaptasi dan berdaya saing. Di abad ke-21 ini


diperlukan 4C yaitu Creativity, Critical Thinking, Communication, Collaboration.


Di era Society 5.0, teknologi berperan aktif dalam kehidupan masyarakat. Teknologi


dan manusia hidup berdampingan dan tidak dapat dipisahkan. Teknologi


memudahkan segala aktivitas, salah satunya dalam bidang pendidikan. Pendidikan


dianggap sebagai salah satu lembaga yang mempengaruhi kualitas sumber daya


manusia suatu negara. Pendidikan memegang peranan yang sangat penting dalam


meningkatkan kredibilitas. Suatu negara dapat berkembang jika memiliki sumber


daya manusia yang handal. Teknologi dapat digunakan untuk mendukung proses


pendidikan, seperti penggunaan aplikasi untuk membantu siswa dalam belajar.


Salah satu contohnya adalah aplikasi PhET yang dapat digunakan untuk simulasi


gerak parabola secara langsung. Aplikasi ini memudahkan siswa untuk mengamati


gerak jatuh bebas dan parabola serta dapat digunakan sebagai alternatif ketika


laboratorium tidak menyediakan alat yang diperlukan selama praktikum.


Kata Kunci : Inovasi Pembelajaran, Era Society 5.0

Published
2024-12-29
How to Cite
AFKARINA, Naili et al. Penggunaan Aplikasi PhEt dalam Praktikum Gerak Parabola untuk Mahasiswa Pendidikan Fisika sebagai Penerapan Era Society 5.0. FKIP e-PROCEEDING, [S.l.], v. 7, n. 1, dec. 2024. ISSN 2527-5917. Available at: <https://jurnal.unej.ac.id/index.php/fkip-epro/article/view/37910>. Date accessed: 24 jan. 2025.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.