Penerapan Literasi Permainan (Game) pada Pembelajaran Fisika dalam Menghadapi Rasa Jenuh Siswa di Era 5.0

  • Naili Afkarina Universitas Jember
  • Najihah Meilani Putri
  • Andini Septya Nigrum
  • Friska Rindiani

Abstract

Pada era Society 5.0, dalam memenuhi kebutuhan hidupnya manusia sangat


membutuhkan literasi, dimana pada era ini lebih berpusat pada manusia yang


berkolaborasi dengan sistem teknologi. Ada beberapa literasi yang biasa digunakan


dalam dunia pendidikan, salah satunya yaitu literasi berbasis digital atau umumnya


dikenal sebagai game. Agar siswa tidak merasa jenuh saat pembelajaran fisika


maka dapat diterapkan literasi game dalam menghadapi era 5.0. Penelitian ini


bertujuan untuk mengetahui keefektifan penerapan literasi game dalam


pembelajaran fisika. Kemunduran minat siswa dalam pelajaran fisika diperoleh


hasil bahwa penerapan literasi game dapat menarik minat siswa untuk belajar


fisika. Literasi game tersebut dapat dilakukan dengan beberapa cara, misalnya guru


atau dosen mengarahkan siwa untuk bermain dadu sebagai contoh penerapan teori


kuantum, dan permainan bad pinggies sebagai penerapan gerak parabola. Dalam


penerapan literasi permainan (game), dosen dan guru berperan sebagai


pendamping, pengarah sistem pendidikan berbasis game, pelatih dan fasilitator.


Penerapan literasi permainan dapat mendukung berkembangnya nilai karakter dan


minat peserta didik terhadap pelajaran fisika. Bisa jadi siswa atau mahasiswa pada


bidang pendidikan di era society 5.0 dalam proses pembelajarannya langsung


berhadapan dengan robot yang dirancang khusus sebagai pendidik atau didesain


khusus untuk dikendalikan oleh pendidik dari jarak jauh. Adapun berbagai cara


yang dapat dilakukan oleh dunia pendidikan di Indonesia dalam menghadapi


pendidikan di era 5.0 yaitu dengan megembangkan SDM agar tidak kalah dengan


perkembangan robot, menyinkronkan pendidikan dan industri, juga meningkatkan


pembinaan bagi pendidik di Indonesia agar lebih mumpuni.


Kata Kunci: Siswa Baru, Rasa Jenuh, Siswa

Published
2024-12-29
How to Cite
AFKARINA, Naili et al. Penerapan Literasi Permainan (Game) pada Pembelajaran Fisika dalam Menghadapi Rasa Jenuh Siswa di Era 5.0. FKIP e-PROCEEDING, [S.l.], v. 7, n. 1, dec. 2024. ISSN 2527-5917. Available at: <https://jurnal.unej.ac.id/index.php/fkip-epro/article/view/37909>. Date accessed: 24 jan. 2025.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.