Evaluasi Pembelajaran Secara Daring yang Memanfaatkan Teknologi di era Society 5.0
Abstract
Teknologi era society 5.0 sekarang sangat berkembang pesat. Dengan adanya
teknologi energi positif maupun negative muncul secara bersamaan, khususnya
dalam bidang pendidikan yang juga memberikan dampak. Tujuan artikel adalah
untuk mengetahui evaluasi yang harus dilakukan pembelajaran di era society 5.0.
Teknologi pendidikan sendiri adalah satu bidang dalam memfasilitasi anak didik
belajar melalui identifikasi, pengembangan, pengorganisasian, dan pemanfaatan
secara sistematis seluruh sumber belajar melalui pengelolaan proses akademik.
Adapun peran teknologi society 5.0 dalam dunia pendidikan yaitu sebagai
pengganti peran manusia dengan melakukan kegiatan otomasi dan juga
memperkuat manusia yaitu menyajikan informasi. Pada pendidikan teknologi
sebagai media ajar yang bisa memberi informasi secara lebih luas dan inovasi
dalam pembelajaran semakin berkembang. Kemajuan teknologi dan informasi akan
memungkinkan berkembangnya kelas virtual atau pembelajaran jarak jauh yang
tidak mengharuskan peserta didik dalam satu ruangan berbasis teleconference.
Anak didik saat melakukan pembelajaran jarak jauh bisa juga mengeksplore dirinya
untuk mengembangkan bakat yang mungkin masih terpendam. Kegiatan
pembelajaran yang dilakukan sering kali tidak memberikan efek yang begitu
maksimal terhadap peserta didik karena tidak adanya sosok pendidik yang
dirasakan oleh peserta didik secara langsung. Etika para peserta didik saat mereka
masih melakukan pembelajaran jarak jauh dianggap kurang dikarenakan pendidik
tidak bisa mengontrol dan mengawasi secara langsung serta memberi arahan yang
dirasa kurang benar dalam norma yang berlaku saat ini. Kesimpulannya yang
adalah ada dampak positif dan negative yang muncul, tergantung peserta didik
dalam menyikapi yang lebih tepat, tetapi peserta sebaiknya menyaring informasi
yang didapat dan lebih produktif dalam memanfaatkan teknologi di era society 5.0.
Kata Kunci: Peserta Didik, Pembelajaran Daring, Etika Peserta Didik