Evaluasi Pembelajaran Secara Daring yang Memanfaatkan Teknologi di era Society 5.0

  • Naili Afkarina Universitas Jember
  • Rosa Fahriatuz Zahro
  • Rian Dwi Novianti
  • Lutfiah Hafifatul Jannah

Abstract

Teknologi era society 5.0 sekarang sangat berkembang pesat. Dengan adanya


teknologi energi positif maupun negative muncul secara bersamaan, khususnya


dalam bidang pendidikan yang juga memberikan dampak. Tujuan artikel adalah


untuk mengetahui evaluasi yang harus dilakukan pembelajaran di era society 5.0.


Teknologi pendidikan sendiri adalah satu bidang dalam memfasilitasi anak didik


belajar melalui identifikasi, pengembangan, pengorganisasian, dan pemanfaatan


secara sistematis seluruh sumber belajar melalui pengelolaan proses akademik.


Adapun peran teknologi society 5.0 dalam dunia pendidikan yaitu sebagai


pengganti peran manusia dengan melakukan kegiatan otomasi dan juga


memperkuat manusia yaitu menyajikan informasi. Pada pendidikan teknologi


sebagai media ajar yang bisa memberi informasi secara lebih luas dan inovasi


dalam pembelajaran semakin berkembang. Kemajuan teknologi dan informasi akan


memungkinkan berkembangnya kelas virtual atau pembelajaran jarak jauh yang


tidak mengharuskan peserta didik dalam satu ruangan berbasis teleconference.


Anak didik saat melakukan pembelajaran jarak jauh bisa juga mengeksplore dirinya


untuk mengembangkan bakat yang mungkin masih terpendam. Kegiatan


pembelajaran yang dilakukan sering kali tidak memberikan efek yang begitu


maksimal terhadap peserta didik karena tidak adanya sosok pendidik yang


dirasakan oleh peserta didik secara langsung. Etika para peserta didik saat mereka


masih melakukan pembelajaran jarak jauh dianggap kurang dikarenakan pendidik


tidak bisa mengontrol dan mengawasi secara langsung serta memberi arahan yang


dirasa kurang benar dalam norma yang berlaku saat ini. Kesimpulannya yang


adalah ada dampak positif dan negative yang muncul, tergantung peserta didik


dalam menyikapi yang lebih tepat, tetapi peserta sebaiknya menyaring informasi


yang didapat dan lebih produktif dalam memanfaatkan teknologi di era society 5.0.


Kata Kunci: Peserta Didik, Pembelajaran Daring, Etika Peserta Didik

Published
2024-12-29
How to Cite
AFKARINA, Naili et al. Evaluasi Pembelajaran Secara Daring yang Memanfaatkan Teknologi di era Society 5.0. FKIP e-PROCEEDING, [S.l.], v. 7, n. 1, dec. 2024. ISSN 2527-5917. Available at: <https://jurnal.unej.ac.id/index.php/fkip-epro/article/view/37908>. Date accessed: 24 jan. 2025.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.