Pemanfaatan Aplikasi Game Online Kahoot sebagai Media Pembelajaran dalam Fisika
Abstract
Abstrak pada penelitian ini memiliki tujuan untuk mengamati Pemanfaatan aplikasi
game online kahoot! sebagai media pembelajaran dalam fisika. Kahoot merupakan
salah satu media pembelajaran yang mampu meningkatkan minat dan motivasi belajar
peserta didik. Kahoot juga diterapkan terhadap hasil belajar siswa. Populasi Jenis
penelitian yang digunakan ini dalam pengamatan ini adalah penelitian eksperimen
dengan metode kuasi eksperimen. Dalam pembelajaran fisika yang sering kita temui
biasanya pembelajaran yang ada monoton dan tidak menggugah minat siswa. Hal
tersebut dikarenakan media yang digunakan kurang menarik minat siswa. Oleh karena
itu, kami mengambil game kahoot sebagai media pembelajaran dalam fisika. Apalagi
dalam era teknologi yang sangat maju pesat sekarang ini dan pembelajaran di sekolah
yang sudah menggunakan gadget. Dengan hal ini biasanya peserta didik lebih tertarik
dengan sebuah game yang berisi tentang edukasi seperti ini. Hasil penelitian berupa
pemaparan dari beberapa sumber yang dugunakan untuk mengetahui tingkat
pemanfaatan aplikasi kahoot sebagai metode pembelajaran yang efisien. Penelitian ini
menyimpulkan bahwa aplikasi game online kahood menjadi salah satu solusi alternatif
dalam metode pembelajaran, yang sesuai dengan generasi Z yang melatih kreatifitas
dalam penggunaan aplikasi.
Kata kunci: Kahoot!, Fisika, game.