Inovasi dan Strategi Pembelajaran Sistem Informatika di Era Society 5.0
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan beberapa inovasi pembelajaran
system informatika pada era society 5.0. Strategi pendidikan dalam menggunakan
media pembelajaran berbasis komputer di era society 5.0 dalam dunia ini dapat
diartikan berbasis teknologi. Keterlibatan guru dan siswa dalam proses pembelajaran
dengan praktik, berfikir kritis, dan inovasi dalam pemanfaatan teknologi. Perilaku yang
diharapkan dapat memberikan kontribusi pada pembelajaran system informatika dan
relevan dengan kebutuhan masyarakat 5.0. Masyarakat era 5.0 memberikan pengaruh
terhadap berbagai bidang kehidupan, tidak dipungkiri juga di dunia pendidikan di
Indonesia. Oleh karena itu untuk mencapai tujuan ini ada beberapa inovasi yang dapat
dilakukan, diantaranya pembaruan orientasi pembelajaran, pengembangan kompetensi
pendidik, penyediaaan sarana prasarana dan sumber belajar yang memadai.
Kata kunci - Inovasi dan Strategi Pembelajaran Sistem Informatika, Society 5.0