Analisis Keefektifan PhEt Simulator bagi Mahasiswa Baru Pendidikan Fisika 2022 Universitas Jember Berdasarkan Tingkat Pemahaman Teknologi
Abstract
Meredanya pandemi covid-19 di Indonesia menyebabkan perubahan secara signifikan pada
sistem perkuliahan. Sehingga perkuliahan yang awalnya diselenggarakan secara daring, pada
semester gasal tahun ini mengalami perubahan menjadi luring atau tatap muka. Hal ini juga
berdampak pada pembelajaran mahasiswa baru terutama kegiatan praktikum yang menggunakan
PHET simulator sebagai media praktikum. Pasalnya, walaupun mahasiswa baru ini sebelumnya
belajar secara daring di jenjang SLTA, masih banyak diantara mereka yang belum memiliki
pemahaman mengenai media pembelajaran berbasis teknologi terutama mahasiswa baru dari
daerah pelosok. Untuk itu dilakukannya penelitian ini agar mengetahui seberapa efektif PHET
simulator bagi mahasiswa baru pendidikan fisika 2022 berdasarkan tingkat pemahamannya.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan cara melakukan peninjauan dan
wawancara.
Kata Kunci: Mahasiswa Baru, Lab Simulator, PemahamanTeknologi, Luring