Analisis Keefektifan PhEt Simulator bagi Mahasiswa Baru Pendidikan Fisika 2022 Universitas Jember Berdasarkan Tingkat Pemahaman Teknologi

  • Naili Afkarina Universitas Jember
  • Mohamad Fikri
  • Angel Ika Siswi Handayani
  • Ami Widya Pitaloka

Abstract

Meredanya pandemi covid-19 di Indonesia menyebabkan perubahan secara signifikan pada


sistem perkuliahan. Sehingga perkuliahan yang awalnya diselenggarakan secara daring, pada


semester gasal tahun ini mengalami perubahan menjadi luring atau tatap muka. Hal ini juga


berdampak pada pembelajaran mahasiswa baru terutama kegiatan praktikum yang menggunakan


PHET simulator sebagai media praktikum. Pasalnya, walaupun mahasiswa baru ini sebelumnya


belajar secara daring di jenjang SLTA, masih banyak diantara mereka yang belum memiliki


pemahaman mengenai media pembelajaran berbasis teknologi terutama mahasiswa baru dari


daerah pelosok. Untuk itu dilakukannya penelitian ini agar mengetahui seberapa efektif PHET


simulator bagi mahasiswa baru pendidikan fisika 2022 berdasarkan tingkat pemahamannya.


Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan cara melakukan peninjauan dan


wawancara.


Kata Kunci: Mahasiswa Baru, Lab Simulator, PemahamanTeknologi, Luring

Published
2024-12-29
How to Cite
AFKARINA, Naili et al. Analisis Keefektifan PhEt Simulator bagi Mahasiswa Baru Pendidikan Fisika 2022 Universitas Jember Berdasarkan Tingkat Pemahaman Teknologi. FKIP e-PROCEEDING, [S.l.], v. 7, n. 1, dec. 2024. ISSN 2527-5917. Available at: <https://jurnal.unej.ac.id/index.php/fkip-epro/article/view/37905>. Date accessed: 24 jan. 2025.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.