Dampak Society 5.0 IPTEK terhadap Pembelajaran
Abstract
Era revolusi industri 5.0 atau era dimana pengenalan IPTEK secara menyeluruh dan
pengoptimalan pembelajaran berbasis teknologi terhadap setiap aspek pendidikan. Pada era
ini memiliki pengaruh atau dampak yang besar dalam pembelajaran terutama dalam aspek
penyesuaian terhadap IPTEK, dikarenakan IPTEK merupakan sarana pembelajaran yang
harus dikuasi oleh semua kalangan terutama mahasiswa. Dampak utama pada era society 5.0
kita harus menguasai IPTEK dengan optimal karena di era ini IPTEK sangat berkembang pesat
sehingga kita diharuskan untuk lebih kreatif, inovatif, produktif, adaptif, dan juga kompetitif
agar dapat memperoleh informasi dan semakin cepat dalam mengakses semua hal yang
berkaitan dengan pendidikan. Society 5.0 lebih menekankan pada upaya menempatkan manusia
sebagai pusat inovasi (human centered). Adapun kemajuan teknologi dimanfaatkan untuk
meningkatkan kualitas hidup, tanggung jawab sosial dan berkembang keberlanjutan. Penelitian
ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode study literature. Metode ini mengumpulkan
informasi atau data melalui buku, jurnal atau artikel yang relevan dengan isu yang sedang
dikaji. Society 5.0 muncul sebagai pengembangan dari revolusi industri 4.0 yang dinilai
berpotensi mendegradasi peranan manusia itu sendiri. Untuk itu dilakukan nya penelitian ini
agar mengetahui apa saja dampak yang ditimbulkan pada era society 5.0 pada pembelajaran.
Kata Kunci : Dampak, society 5.0, IPTEK, Inovasi