Peran dan Fungsi Pendidikan bagi Mahasiswa dalam Menghadapi Perkembangan IPTEK pada era Society 5.0

  • Naili Afkarina Universitas Jember
  • Rully Febriyanti
  • Nur Windasari
  • Sayyidatun Najah

Abstract

Pada era society 5.0 pendidikan bagi mahasiswa memiliki peran dan fungsi dalam


menghadapi perkembangan iptek. Perubahan ilmu pengetahuan dan teknologi yang sangat cepat


mengharuskan kita untuk siap menghadapi perubahan dunia terutama dalam bidang pendidikan.


Salah satu bentuk perubahan tersebut yaitu Society 5.0. Society 5.0 adalah manusia yang dapat


menyelesaikan berbagai tantangan dan permasalahan sosial dengan memanfaatkan berbagai


inovasi yang lahir di era Revolusi industri 5.0 dan berpusat di teknologi. Society 5.0 sendiri pertama


kali diperkenalkan oleh pemerintahan Jepang pada tahun 2019. Society 5.0 merupakan


perkembangan dari revolusi industri 5.0. Revolusi industri 5.0 menggunakan kecerdasan buatan


(artificial intelligence) sedangkan Society 5.0 memfokuskan kepada komponen teknologi dan


kemanusiannya. Literasi baca dan tulis adalah pengetahuan dan kecakapan untuk membaca,


menulis, mencari, menelusuri, mengolah, dan memahami informasi untuk menganalisis,


menanggapi, dan menggunakan teks tertulis untuk mengembangkan pemahaman dan potensi.


Literasi numerasi adalah pengetahuan dan kecakapan untuk bisa memperoleh,


menginterpretasikan, menggunakan, dan mengkomunikasikan berbagai macam angka dan simbol


matematika untuk memecahkan masalah praktis dalam berbagai macam konteks kehidupan seharihari. Literasi sains adalah pengetahuan dan kecakapan ilmiah untuk mampu mengidentifikasi


pertanyaan, memperoleh pengetahuan baru, menjelaskan fenomena ilmiah, mengambil simpulan


berdasarkan fakta, memahami karakteristik sains, membangun kesadaran bagaimana sains dan


teknologi membentuk lingkungan alam, intelektual dan budaya. Literasi digital adalah pengetahuan


dan kecakapan untuk menggunakan media digital, alat-alat komunikasi, atau jaringan dalam


menemukan, mengevaluasi, menggunakan, membuat informasi, dan memanfaatkannya secara


sehat, bijak, cerdas, cermat, tepat, dan patuh hukum. Di Society 5.0 yang akan dihadapi nanti, tidak


hanya dibutuhkan literasi dasar namun juga memiliki kompetensi lainnya yaitu mampu berpikir


kritis, bernalar, kretatif, komunikatif, kolaboratif, dan memiliki kemampuan problem solving. Serta


memiliki karakter yang mencerminkan pancasila yaitu, rasa ingin tahu, inisiatif, kegigihan, mudah


beradaptasi memiliki jiwa kepemimpinan, memiliki kepedulian sosial dan budaya. Masyarakat


diharapkan mampu untuk menyelesaikan berbagai tantangan serta permasalahan sosial yang


memanfaatkan inovasi-inovasi yang telah lahir di revolusi industri 5.0.


Kata Kunci : Peran dan fungsi Pendidikan, Mahasiswa, Perkembangan IPTEK

Published
2024-12-29
How to Cite
AFKARINA, Naili et al. Peran dan Fungsi Pendidikan bagi Mahasiswa dalam Menghadapi Perkembangan IPTEK pada era Society 5.0. FKIP e-PROCEEDING, [S.l.], v. 7, n. 1, dec. 2024. ISSN 2527-5917. Available at: <https://jurnal.unej.ac.id/index.php/fkip-epro/article/view/37892>. Date accessed: 24 jan. 2025.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.