Peran Landasan Kultural dalam Pendidikan bagi Remaja

  • Dinnar Lambang Kinasih
  • Faidatul Masyruroh
  • Purti Wahyu Nurjanah
  • Syifa Nafiatus Sa’diyah
  • Rizka Elan Fadilah
  • I Ketut Mahardika
  • Firdha Yusmar

Abstract

Pendidikan memiliki hubungan yang sangat erat dengan kultural atau kebudayaan. Hal itu dikarenakan kultural dapat berpengaruh terhadap proses pelaksanaan pendidikan.  Pendidikan yang tidak didasari oleh kultural atau kebudayan akan menyebabkan peserta didik kehilangan budaya atau ciri khasnya. Di zaman yang serba digital seperti sekarang  ini hal tersebut dapat  menyebabkan remaja dapat terbawa oleh arus dari budaya luar yang dapat  menyebabkan budaya asli Indonesia sendiri menjadi terkikis atau bahkan hilang. Maka dari itu peran landasan kultural sangat penting di dalam pelaksanaan pendidikan adalah menjadikan peserta didik yang memiliki pemahaman yang luas akan budaya atau ciri khas bangsanya. Remaja merupakan suatu masa kehidupan manusia yaitu peralihan dari anak anak menuju dewasa. Perubahan tersebut dapat berupa perubahan fisik ataupun perubahan mental yang dialami oleh remaja yang bersangkutan. Tujuan dari penulisan artikel ini adalah memberikan wawasan yang cukup dan luas bagi penulis tentang pentingnya peran landasan kultural terhadap proses pelaksanaan pendidikan bagi remaja. Metode penelitian yang digunakan pada artikel ini adalah metode penelitian literatur. Semakin tinggi suatu pendidikan maka semakin tinggi pula nilai kebudayaannya dan sebaliknya semakin tinggi budaya semakin tinggi pula pendidikannya.

How to Cite
KINASIH, Dinnar Lambang et al. Peran Landasan Kultural dalam Pendidikan bagi Remaja. FKIP e-PROCEEDING, [S.l.], p. 20-24, jan. 2023. ISSN 2527-5917. Available at: <https://jurnal.unej.ac.id/index.php/fkip-epro/article/view/36044>. Date accessed: 20 june 2024.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.