KRITIK OBJEKTIF DALAM TEKS FABEL BSE TERBITAN KEMENDIKBUD EDISI REVISI 2017

  • Sugeng Bagus Permadi STKIP Al Hikmah Surabaya

Abstract

Abstrak: Kritik objektif merupakan satu dari empat bentuk kajian dari kritik sastra yang menempatkan sebuah karya sastra sebagai objek yang dapat berdiri dan bertumpu pada karya sastra itu sendiri bebas dari penyair,pembaca mupun objek di sekitarnya. Karya sastra memiliki satu kesatuan yang utuh, tersusun dari bagian-bagian yangsaling berkaitan dan terikat satu sama lain, meliputi unsur intrinsik di dalamnya yaitu: (1)Tema (2) Alur (3) Tokoh (4) Latar (5) Sudut pandang, serta (6) Amanat. Tujuan penelitian ini: (a) Untuk medeskripsikan bentuk telaah kritis dalam teks fabel BSE Terbitan Mendikbud tahun 2017, (b) Untuk menjabarkan kesalahan-kesalahan struktural yang ada di dalam prosa fabel BSE Terbitan Mendikbud tahun 2017. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif-kualitatif. Selanjutnya data diambil menggunakan teknik simak dan catat. Kemudian, teknik validasi dalam penelitian ini menggunakan triangulasi
teori. Data dianalisis menggunakan teknik analisis mengalir yang meliputi tiga komponen yaitu: (1) Reduksi (2) Penyajian data (3) Penarikan simpulan. Hasil Penelitian ini yakni, terdapat dua teks fabel dengan judul “Cici dan Serigala” dan “Sesama Saudara Harus Saling Berbagi” yang memiliki cara penyampaian amanat cerita dengan tersirat yang memerlukan membaca dengan pemahaman agar nilai yang ada dalam teks tersebut sampai pada pembaca.


Kata Kunci: Kritik Objektif, Karya Sastra, Fabel

Author Biography

Sugeng Bagus Permadi, STKIP Al Hikmah Surabaya

Abstrak: Kritik objektif merupakan satu dari empat bentuk kajian dari kritik sastra yang menempatkan sebuah karya sastra sebagai objek yang dapat berdiri dan bertumpu pada karya sastra itu sendiri bebas dari penyair,pembaca mupun objek di sekitarnya. Karya sastra memiliki satu kesatuan yang utuh, tersusun dari bagian-bagian yangsaling berkaitan dan terikat satu sama lain, meliputi unsur intrinsik di dalamnya yaitu: (1)Tema (2) Alur (3) Tokoh (4) Latar (5) Sudut pandang, serta (6) Amanat. Tujuan penelitian ini: (a) Untuk medeskripsikan bentuk telaah kritis dalam teks fabel BSE Terbitan Mendikbud tahun 2017, (b) Untuk menjabarkan kesalahan-kesalahan struktural yang ada di dalam prosa fabel BSE Terbitan Mendikbud tahun 2017. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif-kualitatif. Selanjutnya data diambil menggunakan teknik simak dan catat. Kemudian, teknik validasi dalam penelitian ini menggunakan triangulasi teori. Data dianalisis menggunakan teknik analisis mengalir yang meliputi tiga komponen yaitu: (1) Reduksi (2) Penyajian data (3) Penarikan simpulan. Hasil Penelitian ini yakni, terdapat dua teks fabel dengan judul “Cici dan Serigala” dan “Sesama Saudara Harus Saling Berbagi” yang memiliki cara penyampaian amanat cerita dengan tersirat
yang memerlukan membaca dengan pemahaman agar nilai yang ada dalam teks tersebut sampai pada pembaca.

Kata Kunci: Kritik Objektif, Karya Sastra, Fabel

Published
2021-05-21
How to Cite
PERMADI, Sugeng Bagus. KRITIK OBJEKTIF DALAM TEKS FABEL BSE TERBITAN KEMENDIKBUD EDISI REVISI 2017. FKIP e-PROCEEDING, [S.l.], p. 281-292, may 2021. ISSN 2527-5917. Available at: <https://jurnal.unej.ac.id/index.php/fkip-epro/article/view/24348>. Date accessed: 07 oct. 2022.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.