PENGGUNAAN AKRONIM DI MEDIA SOSIAL INSTAGRAM: KASUS AKUN @ANDOVIDALOPEZ

  • Santi Sartika Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta

Abstract

Abstrak: Banyaknya bermunculan kata baru melalui media sosial yang semakin maju setiap harinya, membuat bahasa saat ini menjadi lebih beragam dan terciptanya kata-kata baru. Contoh kata akronim baru yang sering muncul di media sosial, seperti gercep (gerak cepat), baper (bawa perasaan), bucin (budak cinta), dan masih banyak lainnya yang sering kita dengar atau lihat di media sosial. Akronim sering digunakan oleh anak milenial dalam Bahasa sehari-hari mereka, khususnya dalam bermedia sosial. Media sosial sering kali digunakan untuk bertukar kabar atau berbagi kegiatan. Seperti dalam akun Instagram @andovidalopez yang banyak menggunakan kata bucin dalam akunnya, bahkan kata bucin tersebut digunakan dalam sebuah judul film yang Andovi Da Lopez perankan. Karena media sosial inilah akronim cepat sekali tersebar luas di kalangan masyarakat dan lebih-lebih anak milenial. Banyak manfaat yang dapat
diambil dengan adanya media sosial yang berkembang dengan pesat ini. Masyarakat dapat mengutarakan pendapat yang membangun untuk bangsa dan mampu menciptakan hal baru yang bermanfaat.


Kata kunci: Akronim, Media Sosial, Instagram, Singkatan

Published
2021-05-21
How to Cite
SARTIKA, Santi. PENGGUNAAN AKRONIM DI MEDIA SOSIAL INSTAGRAM: KASUS AKUN @ANDOVIDALOPEZ. FKIP e-PROCEEDING, [S.l.], p. 253-268, may 2021. ISSN 2527-5917. Available at: <https://jurnal.unej.ac.id/index.php/fkip-epro/article/view/24345>. Date accessed: 07 oct. 2022.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.