PENGEMBANGAN KETERAMPILAN BAHASA INDONESIA SEBAGAI WADAH MENGEKSPRESIKAN IDE KREATIF OLEH MAHASISWA INTROVERT
Abstract
Abstrak: Setiap anak mempunyai keistimewaan pemikiran. Semangat mencapai tujuan diwujudkan dari rencana. Upaya membangun branding dalam interpersonalitas harus mengenali diri sendiri, mengontrol diri sendiri, dan konsisten terhadap diri sendiri. Jenis kepribadian karakter manusia tidak menjadi penghalang. Mengasah keempat jenis keterampilan berbahasa melalui menyimak, membaca, menulis dan berbicara. Tipe memilih keterampilan bahasa pada jenis kepribadian karakter setiap anak mempunyai perbedaan. Lingkungan sosial berpengaruh besar terhadap prioritas pemikiran anak dalam mengeksplorasi ide kreatif. Permasalahan dalam penelitian ini adalah: 1) Bagaimana Pengembangan Keterampilan Bahasa Indonesia Sebagai Wadah Mengekspresikan Ide Kreatif oleh Mahasiswa Introvert? sedangkan tujuan penelitian ini adalah: 1. Mengembangkan keterampilan bahasa Indonesia sebagai wadah mengekspresikan ide kreatif oleh mahasiswa. Penelitian ini menggunakan metode penelitian R & D, model penelitian versi Baker dan Shutz. Penelitian relevan dengan skripsi peneliti yang adanya keterkaitan dari penelitian Maria Eny Kurniati 2016 dengan skripsi tentang ”Pengembangan Media Dan Materi Pembelajaran Bahasa Indonesia Dengan Microsoft Powerpoint Untuk Siswa Kelas VIII Semester 2 SMP Marganingsih Muntilan”. Persamaan masing penelitian
ini sama-sama menggunakan metode R & D dan menggunakan model penelitian Baker dan Shutz. Perbedaannya terletak pada penelitian yang dilakukan peneliti yaitu artikel sedangkan penelitian yang relevan berupa skripsi. Dari hasil penelitian dan pembahasan masalah dapat disimpulkan bahwa “Pengembangan Keterampilan Bahasa Indonesia Sebagai Wadah Ide Kreatif Oleh Mahasiswa” mengekspresikan ide kreatif dengan mengaplikasikan
flipbook berbasis android.
Kata Kunci: Keterampilan Bahasa, Introvert, Flipbook