TINGKAT EFIKASI GURU BAHASA SELAMA PEMBELAJARAN JARAK JAUH
Abstract
Abstrak: Dalam pembelajaran jarak jauh, pendekatan baru dalam pembelajaran bahasa turut menjadi suatu tuntutan. Meskipun melibatkan banyak aspek, fokus penelitian ini adalah guru yang berperan penting dalam keberhasilan pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kepercayaan diri (efikasi) guru dalam mencapai tujuan pembelajaran yang direncanakan. Efikasi guru diukur dengan menafsirkan reaksi terhadap situasi tertentu selama pembelajaran. Terdapat sepuluh item tentang perencanaan, pengorganisasian, pembelajaran keterampilan baru, penerapan metode baru, pengamatan, dan tanggapan terhadap masalah eksternal lainnya. Setiap item menyiratkan dua pilihan antara reaksi internal dan eksternal dari aspek yang memengaruhi keberhasilan pembelajaran. Tidak sama dengan sejumlah penelitian yang menunjukkan hubungan antara lama mengajar dengan tingkat efikasi guruhasil penelitian ini tidak menunjukkan pola tertentu. Beberapa kesamaan ditunjukkan oleh guru pemula dalam kecenderungan mereka untuk melakukan perencanaan. Koneksi internet dan situasi pembelajaran juga dipandang memiliki peranan penting. Guru dengan pengalaman berdurasi menengah melihat pentingnya untuk menerapkan metode baru. Guru yang sudah berpengalaman lebih dari sepuluh tahun bervariasi dalam semua aspek kecenderungan. Penelitian ini mendalami temuan tingkat efikasi guru yang kecenderungannya berbeda dengan pembelajaran non-jarak jauh. Tingkat efikasi guru dipengaruhi oleh faktor lain yang dapat dijawab oleh hipotesis lain.
Kata Kunci: Pembelajaran Bahasa, Pembelajaran Jarak
Jauh, Efikasi Guru