STRATEGI KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS MAHASISWA CALON GURU BAHASA INDONESIA DALAM PEMBELAJARAN ONLINE

  • Fendi Setiawan STKIP Al Hikmah Surabaya

Abstract

Abstrak: Perkembangan teknologi informasi memiliki dampak terhadap perubahan seluruh aspek kehidupan, khususnya dalam bidang pendidikan. Interaksi antara pendidik dengan peserta didik saat ini memiliki perbedaan dari sebelumnya. Di mana proses pembelajaran langsung mulai bergeser menjadi interaksi pembelajaran online. Rasionalnya adalah bahwa pembelajaran konvensional dirasa kurang tepat pada kondisi pendemi Covid-19 seperti sekarang ini. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang fokus pada strategi keterampilan berpikir kritis mahasiswa calon guru bahasa Indonesia dalam pembelajaran online. Metode yang digunakan adalah penelitian deskriptif. Sumber data penelitian ini adalah transkrip wawancara Mahasiswa Prodi Pendidikan Bahasa Indonesia STKIP AL Hikmah Surabaya. Tujuan penelitian adalah untuk mendeskripsikan strategi keterampilan mahasiswa calon guru bahasa Indonesia dalam pembelajaran on line. Hasil penelitian adalah ada beberapa strategi keterampilan berpikir kritis mahasiswa calon guru bahasa Indonesia dalam pembelajaran online diantaranya: (1) mengembangkan model; (2) melakukan inovasi; dan (3) evaluasi pembelajaran secara online. Dengan strategi keterampilan berpikir kritis mahasiswa calon guru diharapkan memberikan kemudahan dalam pembelajaran. Sehingga tujuan pendidikan nasional
dalam UU No. 20 Tahun 2003 dapat dicapai dengan maksimal.



Kata Kunci: Strategi, Pembelajaran Online, Mahasiswa Calon Guru

Published
2021-04-23
How to Cite
SETIAWAN, Fendi. STRATEGI KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS MAHASISWA CALON GURU BAHASA INDONESIA DALAM PEMBELAJARAN ONLINE. FKIP e-PROCEEDING, [S.l.], p. 51-70, apr. 2021. ISSN 2527-5917. Available at: <https://jurnal.unej.ac.id/index.php/fkip-epro/article/view/24016>. Date accessed: 07 oct. 2022.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.