MEDIA PEMBELAJARAN TEKS CERITA FANTASI BERBASIS KOMIK

  • Destia Noprianti FKIP Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta
  • Ariesty Fujiastuti

Abstract

Abstrak: Pembelajaran yang menarik, efektif, dan efisien membutuhkan suatu media yang menuntut seorang pendidik untuk berkreasi dalam menyusun media yang sesuai dengan tingkat kebutuhan peserta didik. Dalam hal ini salah satu cara yang dapat dilakukan adalah mengembangkan media pembelajaran yang sesuai dengan perkembangan teknologi, salah satunya ialah media komik. Penelitian ini bertujuan untuk: mengembangkan media pembelajaran teks cerita fantasi berbasis komik. Jenis peneitian ini menggunakan jenis penelitian pengembangan (RnD) dengan model pengembangan ADDIE. Subjek coba pada penelitian ini dilakukan oleh ahli media, ahli materi, ahli pengajaran. Teknik dan instrument pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini ialah observasi, wawancara, dan lembar angket. Sementara itu, teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan analisis data kuantitatif-deskriptif. Hasil dari penelitian pengembangan media pembelajaran pada teks cerita fantasi berbass komik, akan divalidasi oleh ahli media, ahli materi, ahli pengajaran. Jadi media ini “sangat layak” sehingga dapat dilanjutkan pada tahap selanjutnya yaitu imkplementasi. Media ini sudah bisa diimplementasikan kepeserta didik dan kemudian bisa di evaluasi sehingga diharapkan media ini dapat digunakan dalam proses pembelajaran yang menarik.


Kata Kunci: Media Pembelajaran, Teks Cerita Fantasi,
Media Komik

Published
2021-04-22
How to Cite
NOPRIANTI, Destia; FUJIASTUTI, Ariesty. MEDIA PEMBELAJARAN TEKS CERITA FANTASI BERBASIS KOMIK. FKIP e-PROCEEDING, [S.l.], p. 18-38, apr. 2021. ISSN 2527-5917. Available at: <https://jurnal.unej.ac.id/index.php/fkip-epro/article/view/23985>. Date accessed: 07 oct. 2022.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.