MODEL GROUP INVESTIGATION DISERTAI PETA KONSEP PADA PEMBELAJARAN FISIKA

  • Amelia Rahmawati
  • Sinnggih Bektiarso
  • Subiki Subiki

Abstract

Penelitian ini bertujuan menggambarkan pelaksanaan kegiatan  pembelajaran, peningkatan hasil belajar siswa dan sikap ilmiah siswa serta respon siswa terhadap pengaplikasian model pembelajaran group investigation disertai peta konsep. Model pembelajaran Group Investigation menuntut peserta didik agar lebih aktif dan dapat melatih siswa berkomunikasi dengan baik. Sintaks model pembelajaran group investigation yaitu; mengidentifikasi topik dan membagi murid dalam kelompok, merencanakan tugas yang akan dipelajari, melaksanakan investigasi, mempersiapkan laporan akhir, mempresentasikan laporan akhir, dan evaluasi. Peta konsep merupakan ilustrasi berupa bagan yang menidentifikasi sebuah konsep tunggal dihubungkan denga konsep tunggal yang sama. Dengan bantuan peta konsep pada proses pembelajaran fisika diharap dapat mempermudah siswa dalam penguasan konsep dasar materi yang diajarkan. Dengan demikian pembelajaran model Group Investigation disertai peta konsep dapat membantu siswa memahami konsep dasar materi untuk menumbuhkan kemampuan berfikir dalam menginvestigasi materi ataupun permasalah yang telah diberikan oleh guru siswa.

Published
2020-12-30
How to Cite
RAHMAWATI, Amelia; BEKTIARSO, Sinnggih; SUBIKI, Subiki. MODEL GROUP INVESTIGATION DISERTAI PETA KONSEP PADA PEMBELAJARAN FISIKA. FKIP e-PROCEEDING, [S.l.], v. 5, n. 1, p. 65 - 69, dec. 2020. ISSN 2527-5917. Available at: <https://jurnal.unej.ac.id/index.php/fkip-epro/article/view/21705>. Date accessed: 20 apr. 2024.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.