ANALISIS TENTANG PENGEMBANGAN MODUL BERBASIS CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING DAN MULTIPLE INTELLIGENCES MATERI GELOMBANG BUNYI
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui respon peserta didik SMA Negeri Umbulsari terhadap pengembangan modul berbasis Contextual Teaching and Learning (CTL) dan Multiple Intelligences (MI) pada materi gelombang bunyi. Modul merupakan salah satu media pembelajaran yang menitikberatkan pada kemandirian belajar peserta didik dan mempunyai suatu model pembelajaran tertentu salah satunya adalah model pembelajaran CTL. Model pembelajaran CTL merupakan salah satu model pembelajaran yang digunakan dalam modul yang memuat aplikasi materi fisika dengan konteks kehidupan sehari. Peran peserta didik dalam model pembelajaran CTL sebagai pembelajar mandiri yang mampu mengembangkan kecerdasanya. Teori MI merupakan teori untuk mengembangkan kecerdasan jamak yang dimiliki peserta didik. Pembelajaran fisika di SMA Negeri Umbulsari belum pernah mengunakan modul berbasis CTL dan MI. Berdasarkan hasil angket analisis peserta didik yang dilakukan di SMA Negeri Umbulsari dengan 200 responden menyatakan bahwa, 60,3% lebih menyukai modul sebagai media pembelajaran, 54,2% menyatakan bahwa lebih mudah mempelajari fisika jika menggunakan CTL, 69% belum pernah menggunakan modul berbasis MI. Dapat disimpulkan bahwa perlunya mengembangkan modul berbasis Contextual Teaching and Learning dan Multiple Intelligences pada materi Gelombang bunyi.