PENINGKATAN NILAI KOGNITIF PESERTA DIDIK MENGGUNAKAN MEDIA TRAINER BASIC PADA MATERI LISTRIK DINAMIS
Abstract
Kurikulum 2013 disusun untuk meningkatkan kemampuan berfikir tingkat tinggi peserta didik yang mencakup sikap, pengetahuan, dan keterampilan.Tujuan pembelajaran dapat tercapai dengan menggunakan pendekatan ilmiah. Salah satu permasalahan peserta didik memiliki kesulitan dalam memahami konsep materi Listrik Dinamis.Hal tersebut,dikarenakan pembelajaran kelas cenderung deklaratif, kegiatan prosedural (praktikum) belum optimal serta ketersedian media pembelajaran dalam menunjang ketercapaian tujuan pembelajaran, kurangnya inovasi dan kreatifitas media dan metode pembelajaran dalam menyampaikan materi dikelas.Penelitian dilakukan untuk mengetahui kelayakan digital trainer sebagai media pembelajaran dalam meningkatkan pemahaman konsep Listrik Dinamis ditinjau dari validitas dan keterlaksanaan pembelajaran, serta mengetahui keefektifan trainer sebagai media pembelajaran dalam meningkatkan nilai kognitif peserta didik materi Listrik Dinamis. Metode penelitian ini mengikuti tahapan pengembangan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation).Trainer Basicdirancang melalui modifikasi dengan penambahan resistor, kapasitor dan induktor.Media trainer diimplementasikan dalam pembelajaran kelas dengan mengambil sampel, kemudian dilakukan evaluasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa digital trainer valid sebagai media pembelajaran di tinjau dari validitas media pembelajaran beserta perangkat, adapun berdasarkan keterlaksanaan digital trainer baik digunakan sebagai media pembelajaran, serta berdasarkan hasil belajar untuk ranah kognitif dinyatakan valid sebagai media pembelajaran dalam meningkatkan nilai kognitif peserta didik pada materi Listrik Dinamis.