MODEL DISCOVERY LEARNING DENGAN MEDIA E-LEARNING PADA PEMBELAJARAN FISIKA SAAT COVID-19 DI SMA

  • Maryani Maryani
  • Rema Yuszahra
  • Bambang Supriadi

Abstract

Pemilihan model pembelajaran memiliki peran penting di dalam proses pembelajaran. Salah satu model pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik fisika dan keadaan pendidikan saat ini adalah discovery learning dengan menggunakan media e-learning. Pada saat ini sistem pendidikan di Indonesia mengalami perubahan dikarenakan adalanya COVID-19 yang berdampak kepada perubahan dalam dunia pendidikan. Model Discovery learning dengan media E- learning ini mengacu pada rancangan dari Meteri Pendidikan dan Kebudayaan RI dimana pembelajaran dilakukan diluar kelas dan siswa lebih efektif dan mandiri. Dalam pembelajaran fisika menggunakan model pembelajaran discovery learning dengan media e-learning pembelajaran dilakukan secara online uang difasilitasi dan didukung dengan pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi kemudian siswa menemukan sendiri konsep ilmu pengetahuan, sehingga hasil yang diperoleh dapat melekat dalam ingatan siswa dalam jangka panjang karena siswa melakukan proses penemuan didalamnya. Dengan pembelajaran fisika menggunakan media E- learning, siswa akan tetap mendapatkan pembelajaran meski dalam keadaan COVID-19. Oleh karena itu, model Discovery learning dengn media E-learning merupakan upaya pembelajaran yang efektif guna meningkatkan kemampuan kognitif dan membentuk sikap disiplin dan positif bagi siswa.

Published
2020-12-30
How to Cite
MARYANI, Maryani; YUSZAHRA, Rema; SUPRIADI, Bambang. MODEL DISCOVERY LEARNING DENGAN MEDIA E-LEARNING PADA PEMBELAJARAN FISIKA SAAT COVID-19 DI SMA. FKIP e-PROCEEDING, [S.l.], v. 5, n. 1, p. 33 - 39, dec. 2020. ISSN 2527-5917. Available at: <https://jurnal.unej.ac.id/index.php/fkip-epro/article/view/21700>. Date accessed: 24 apr. 2024.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.