ANALISIS VALIDITAS DAN RESPON MAHASISWA CALON GURU FISIKA TERHADAP PENGGUNAAN VIDEO PEMBELAJARAN TENTANG PEMANFAATAN PENGOLAHAN KAKAO PADA PEMBELAJARAN FISIKA

  • Lailatul Nuraini
  • Firdha Kusuma Ayu Anggraeni
  • Sinta Rusdiana

Abstract

Perkembangan pendidikan tidak terlepas dari perkembangan teknologi. Perkembangan teknologi dapat dijadikan sebagai sumber belajar yang inovatif dan menyenangkan bagi mahasiswa. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis validitas video dan respon mahasiswa terhadap pengunaan video pembelajaran tentang pemanfaatan pengolahan kakao pada pembelajaran fisika. Metode penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif. Responden penelitian adalah mahasiswa yang menempuh mata kuliah Fisika Dasar III pada semester gasal 2019/2020. Teknik pengumpulan data menggunakan angket respon mahasiswa, lembar validasi, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan prosentase dari skala likert yang digunakan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa validasi video pembelajaran tentang pemanfaatan pengolahan kakao pada validasi konten sebesar 87%, komponen bahasa sebesar 82% dan komponen desain dan tampilan sebesar 80%, serta keefektifan media video sebesar 83%. Hal ini menunjukkan bahwa video pembelajaran yang telah dikembangkan berada dalam kategori valid dan layak digunakan. Hasil angket respon mahasiswa terhadap penggunaan video pembelajaran tentang pengolahan kakao menunjukkan bahwa respon mahasiswa sangat positif, pada aspek ketertarikan terhadap video pengolahan kakao sebesar 81,46%, aspek penguasaan konsep 83,30%, aspek sikap ilmiah 83,88% dan aspek kesadaran lingkungan 81,91%. Dengan demikian, penggunaan video pembelajaran berbasis potensi lokal tentang pemanfaatan pengolahan kakao dapat dijadikan alternatif sumber belajar berbasis teknologi dalam pembelajaran fisika.
Katakunci: pengolahan kakao, respon mahasiswa, video pembelajaran

Published
2019-12-27
How to Cite
NURAINI, Lailatul; ANGGRAENI, Firdha Kusuma Ayu; RUSDIANA, Sinta. ANALISIS VALIDITAS DAN RESPON MAHASISWA CALON GURU FISIKA TERHADAP PENGGUNAAN VIDEO PEMBELAJARAN TENTANG PEMANFAATAN PENGOLAHAN KAKAO PADA PEMBELAJARAN FISIKA. FKIP e-PROCEEDING, [S.l.], v. 4, n. 1, p. 290-298, dec. 2019. ISSN 2527-5917. Available at: <https://jurnal.unej.ac.id/index.php/fkip-epro/article/view/15190>. Date accessed: 27 apr. 2024.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.