MODEL PEMBELAJARAN ADVANCE ORGANIZER DISERTAI PHET SIMULATIONS PADA PEMBELAJARAN FISIKA

  • Fani Marcelina
  • Singgih Bektiarso
  • Subiki Subiki

Abstract

Model pembelajaran Advance Organizer merupakan suatu pendekatan konstruktivitis yang berprinsip pada orientasi peserta didik terhadap materi sebelum disampaikan di kelas. Model pembelajaran ini mengutamakan pada struktur kognitif siswa dimana struktur kognitif yang dikuasai seseorang merupakan faktor penentu apakah materi-materi baru yang akan dipelajari dapat bermakna atau tidak. Belajar bermakna adalah proses mengaitkan informasi baru yang telah didapat dengan konsep-konsep yang relevan dan terdapat dalam struktur kognitif seseorang. Dalam pembelajaran fisika, diperlukan adanya suatu kegiatan eksperimen/praktikum yang bertujuan agar siswa mampu menemukan sendiri dari permasalahn-permasalahan yang dihadapinya sehingga dapat melatih cara berpikir ilmiah dan siswa mampu menemukan sendiri bukti kebenaran dari apa yang sedang dipelajari. Untuk mengatasi keterbatasan alat praktikum dan tingkat efisiensi, maka PhET Simulations dapat dijadikan sebagai solusi untuk mengatasi permasalahn ini. PhET Simulations merupakan simulasi interaktif fenomena-fenomena fisis berbasis riset berupa software. Simulasi PhET menekankan pada hubungan fenomena nyata dengan ilmu yang mendasarinya. Dengan adanya simulasi PhET berupa software ini diharapkan dapat memudahkan siswa dalam memahami konsep fisika tanpa harus melakukan praktikum di laboratorium.
Kata Kunci: Advance Organizer, PhET Simulations, Pembelajaran Fisika

Published
2019-12-27
How to Cite
MARCELINA, Fani; BEKTIARSO, Singgih; SUBIKI, Subiki. MODEL PEMBELAJARAN ADVANCE ORGANIZER DISERTAI PHET SIMULATIONS PADA PEMBELAJARAN FISIKA. FKIP e-PROCEEDING, [S.l.], v. 4, n. 1, p. 288-291, dec. 2019. ISSN 2527-5917. Available at: <https://jurnal.unej.ac.id/index.php/fkip-epro/article/view/15188>. Date accessed: 25 apr. 2024.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.