ANALISIS KEMAMPUAN SISWA KELAS VII SMP NEGERI 3 JEMBER DALAM MENYELESAIKAN SOAL UN IPA POKOK BAHASAN SUHU MENGGUNAKAN TAHAPAN POLYA
Abstract
Penelitian ini adalah penelitian diskriptif yang bertujuan untuk memperoleh gambaran tentang kemampuan menyelesaikan soal fisika pokok bahasan suhu menggunakan model polya pada siswa kelas VII SMPN 3 Jember Populasi penelitian ini adalah siswa SMP Negeri 3 Jember. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas VII C sebanyak 32 anak. Dalam penelitian ini, diawali dengan memberikan soal soal fisika pokok bahasan suhu kepada siswa dengan menggunakan langkah langkah penyelesian masalah polya yang telah valid dan realibel untuk digunakan. Hasil analisis data diperoleh bahwa ada perbedaan presentase antara tahapan memahami masalah, tahapan membuat rencana permasalahan, tahapan pelaksanakan rencana penyelesaian dan tahapan menelaah kembali pada materi Suhu kelas VII di SMP Negeri 3 Jember.
Kata kunci : Tahapan polya, Kemampuan siswa