ANALISIS KEMAMPUAN SISWA KELAS VII SMP NEGERI 3 JEMBER DALAM MENYELESAIKAN SOAL UN IPA POKOK BAHASAN SUHU MENGGUNAKAN TAHAPAN POLYA

  • Beni Aris Prasetyo
  • I Ketut Mahardika
  • Nur Sujayanto

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian diskriptif yang bertujuan untuk memperoleh gambaran tentang kemampuan menyelesaikan soal fisika pokok bahasan suhu menggunakan model polya pada siswa kelas VII SMPN 3 Jember Populasi penelitian ini adalah siswa SMP Negeri 3 Jember. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas VII C sebanyak 32 anak. Dalam penelitian ini, diawali dengan memberikan soal soal fisika pokok bahasan suhu kepada siswa dengan menggunakan langkah langkah penyelesian masalah polya yang telah valid dan realibel untuk digunakan. Hasil analisis data diperoleh bahwa ada perbedaan presentase antara tahapan memahami masalah, tahapan membuat rencana permasalahan, tahapan pelaksanakan rencana penyelesaian dan tahapan menelaah kembali pada materi Suhu kelas VII di SMP Negeri 3 Jember.
Kata kunci : Tahapan polya, Kemampuan siswa

Published
2019-12-27
How to Cite
PRASETYO, Beni Aris; MAHARDIKA, I Ketut; SUJAYANTO, Nur. ANALISIS KEMAMPUAN SISWA KELAS VII SMP NEGERI 3 JEMBER DALAM MENYELESAIKAN SOAL UN IPA POKOK BAHASAN SUHU MENGGUNAKAN TAHAPAN POLYA. FKIP e-PROCEEDING, [S.l.], v. 4, n. 1, p. 284-287, dec. 2019. ISSN 2527-5917. Available at: <https://jurnal.unej.ac.id/index.php/fkip-epro/article/view/15187>. Date accessed: 27 apr. 2024.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.