IDENTIFIKASI KEMAMPUAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI (HOTS) PADA KONSEP FISIKA MATERI SUHU DAN KALOR DENGAN MENGGUNAKAN TAKSONOMI BLOOM
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi kemamapuan berpikir tingkat tinggi (HOTS) siswa kelas XI di MA Nuris pada konsep fisika materi Suhu dan Kalor dengan menggunakan taksonomi bloom. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI MIPA A 21 siswa dan kelas MIPA B 20 siswa di MA Nuris. Metode pengumpulan data diperoleh melalui tes tertulis, dokumentasi, dan wawancara. Instrument menggunakan pertanyaan tes deskripsi yang terdiri dari 6 soal. Berdasarkan indikator taksonomi bloom berbasis HOTS yaitu menganalisis (C4), menganalisis (C5), dan mencipta (C6) pada materi suhu dan kalor yang telah dipelajari sebelum dites. Data yang dikumpulkan diperoleh dari nilai jawaban siswa dalam pertanyaan tes diagnostic yang telah dijawab. Berdasarkan hasil penelitian tingkat kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa MA Nuris pada kelas XI MIPA A cukup dengan persentase 45,61%, siswa kelas XI MIPA B terdapat persentase sebesar 29,31% dengan kategori rendah. Berdasarkan persentase masing-masing kelas, rata-rata kemampuan berpikir tingkat tinggi di MA Nuris adalah 37,46% dengan kategori rendah.
Kata Kunci: kemampuan berpikir tingkat tinggi, suhu dan kalor, dan taksonomi bloom