ANALISIS KESALAHAN SISWA KELAS X DPIB 1 SMKN 2 JEMBER DALAM MEMECAHKAN PERMASALAHAN FISIKA PADA MATERI HUKUM NEWTON

  • Risna Maylina
  • Sudarti Sudarti
  • Indah Rustiawan

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengkaji kesalahan siswa dalam memecahkan masalah hukum Newton. Desain penelitian ini menggunakan post test pada siswa SMK kelas X DPIB 1 berjumlah 36 siswa, sebagai variabel bebas yaitu materi hukum Newton dan variabel terikat yaitu kemampuan pemecahan masalah siswa. Pada penelitian ini metode yang digunakan adalah metode survey dengan teknik pengumpulan data dengan memberikan tes dengan indikator kesalahan siswa yang telah ditentukan dalam pemecahan masalah hukum Newton yaitu 1) dapat memahami masalah dengan menyebutkan yang diketahui dan ditanya, 2) dapat merencanakan masalah, dan 3) menyelesaikan masalah. Tes yang diberikan terdiri atas 5 butir soal uraian materi hukum Newton. Dari penelitian yang telah dilakukan hasil penelitian menunjukkan bahwa sebesar 50% siswa dapat memahami masalah, 22% siswa dapat merencanakan masalah, dan sebesar 28% siswa dapat menyelesaikan masalah. Kesimpulan dari hasil penelitian ini menunjukkan bahwa faktor penyebab kesalahan siswa karena kurangnya pemahaman siswa terhaap konsep hukum Newton terbukti dari hasil tes yang telah dilakukan pada penelitian ini bahwa siswa hanya menghafal persamaan matematis dari hukum Newton tanpa memahami makna fisisnya. Oleh karena itu diharapkan bagi peneliti lain untuk melakukan penelitian lebih lanjut, salah satunya melaui pembelajaran yang melibatkan siswa secara langsung dalam memecahankan masalah dan memberi bantuan berupa bimbingan kepada siswa dalam pemecahan masalah secara mandiri hal ini dapat digunakan sebagai upaya mengurangi kesalahan siswa.
Kata kunci: Hukum Newton; kemampuan pemecahan masalah; kesalahan siswa

Published
2019-12-27
How to Cite
MAYLINA, Risna; SUDARTI, Sudarti; RUSTIAWAN, Indah. ANALISIS KESALAHAN SISWA KELAS X DPIB 1 SMKN 2 JEMBER DALAM MEMECAHKAN PERMASALAHAN FISIKA PADA MATERI HUKUM NEWTON. FKIP e-PROCEEDING, [S.l.], v. 4, n. 1, p. 275-279, dec. 2019. ISSN 2527-5917. Available at: <https://jurnal.unej.ac.id/index.php/fkip-epro/article/view/15184>. Date accessed: 26 apr. 2024.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.