IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA SMP PADA MATERI USAHA

  • Fajar Amalia Rohmah
  • I Ketut Mahardika
  • Anis Prasetiyaningsing

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar siswa pada kelas VIII dengan model pembelajaran Discovery Learning pada materi usaha. Jenis penelitian ini menggunakan quasi eksperimen. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa SMP Negeri 3 Jember. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII G. Penelitian ini dilakukan dengan uji pre test dan post test. Uji pre test dilakukan sebelum pembelajaran kemudian post test dilakukan setelah adanya perlakuan yaitu model pembelajaran Discovery Learning. Teknik pengumpulan data menggunakan tes pre test dan post test. Hasil analisis data diperoleh dari perbedaan akibat adanya pengaruh model pembelajaran Discovery Learning pada saat pembelajaran materi usaha di SMP Negeri 3 Jember.
Kata Kunci: discovery learning, hasil belajar

Published
2019-12-27
How to Cite
ROHMAH, Fajar Amalia; MAHARDIKA, I Ketut; PRASETIYANINGSING, Anis. IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA SMP PADA MATERI USAHA. FKIP e-PROCEEDING, [S.l.], v. 4, n. 1, p. 262-264, dec. 2019. ISSN 2527-5917. Available at: <https://jurnal.unej.ac.id/index.php/fkip-epro/article/view/15180>. Date accessed: 24 nov. 2024.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.