ANALISIS KESALAHAN DALAM MENYELESAIAKAN LEMBAR KERJA SISWA SOAL FISIKA MATERI MOMENTUM DAN IMPULS PADA SISWA SMK NEGERI 2 JEMBER

  • Della Marchelia
  • Sudarti Sudarti
  • Indah Rustiawan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melakukan analisis kesalahan yang dilakukan siswa dalam mengerjakan LKS. Sebagai Indikator kesalahan siswa dalam mengerjakan LKS adalah (1) Kesalahan terjemah, (2) Kesalahan Konsep, (3) Kesalahan strategi, (4) Kesalahan hitung. Penelitian ini menjelaskan tentang kesalahan siswa dan mengidentifikasi penyebab siswa melakukan kesalahan dalam menyelesaikan LKS fisika pada materi momentum dan impuls. Dalam penelitian ini adalah siswa kelas X DPIB 3 tahun ajaran 2019/2020 yang berjumlah 35 siswa terdiri dari 25 laki-laki dan 10 perempuan. Metode yang digunakan merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Metode penelitian ini menggunakan obeservasi terhadap hasil kerja siswa dalam mengerjakan LKS dan peneliaian portofolio hasil LKS siswa. Hasil penelitian secara umum siswa dari penilaian porofolio menunjukkan kesalahan siswa mengerjakan LKS pada mata pelajaran fisika materi momentum dan impuls di SMKN 2 Jember siswa kelas X DPIB (1) Kesalahan terjemah sebesar 86 % yang menunjukkan bahwa kategori kesalahan tinggi, (2) Kesalahan konsep sebesar 42,85 % yang menunjukkan bahwa kategori kesalahan sedang, (3) Kesalahan strategi sebesar 28,59 % yang menunjukkan bahwa kategori kesalahan rendah, (4) Kesalah perhitungan sebesar 22, 85 % yang menunjukkan bahwa kategori kesalahan rendah. Penyebab kesalahan diidentifikasi, antara lain; siswa tidak terbiasa menulis hal-hal yang diketahui dan ditanyakan, siswa tidak tahu tujuan masalah, siswa terbiasa menjawab pertanyaan fisika tanpa mengkonversi satuan SI, siswa tidak tahu rumus yang akan digunakan, siswa terburu-buru untuk mengerjakan LKS, dan siswa tidak hati-hati pada saat menjawab pertanyaan.
Kata Kunci: Kesalahan terjemah, konsep, strategi, hitung, momentum dan impuls

Published
2019-12-27
How to Cite
MARCHELIA, Della; SUDARTI, Sudarti; RUSTIAWAN, Indah. ANALISIS KESALAHAN DALAM MENYELESAIAKAN LEMBAR KERJA SISWA SOAL FISIKA MATERI MOMENTUM DAN IMPULS PADA SISWA SMK NEGERI 2 JEMBER. FKIP e-PROCEEDING, [S.l.], v. 4, n. 1, p. 258-261, dec. 2019. ISSN 2527-5917. Available at: <https://jurnal.unej.ac.id/index.php/fkip-epro/article/view/15179>. Date accessed: 20 apr. 2024.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.