BUKU AJAR BERBASIS GAMBAR PROSES DALAM PEMBELAJARAN FISIKA USAHA DAN ENERGI DI SMA
Abstract
Gambar proses adalah gambar yang tersusun dari proses dan tahapan, dimana proses dan tahapan ini mengubah fenomena yang terjadi. Gambar proses akan sangat membantu siswa dalam menganalisis suatu fenomena dalam memahami konsep tanpa menghadirkan kejadian yang sesungguhnya. Gambar proses adalah salah satu media visual yang dapat dituangkan pada bahan ajar disekolah seperti pada buku ajar, modul, dan lain sebagainya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh buku ajar usaha dan energi berbasis gambar proses yang digunakan sebagai media dalam pembelajaran fisika terhadap peningkatan hasil belajar dan retensi hasil belajar fisika siswa SMA. Metode penelitian yang digunakan adalah pre-eksperiment dengan desain One Group Pretest-Posttest Design yang dilaksanakan di kelas X MIPA 2 di SMAN 1 Banyuwangi dengan 30 siswa yang terdiri siswa laki-laki (13 orang) dan siswa perempuan (17 orang). Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes awal, tes akhir, dan tes tunda. Setelah menggunakan buku ajar usaha dan energi berbasis gambar proses, terjadi peningkatan hasil belajar dalam keriteria tinggi pada pertemuan pertama, dalam kriteria sedang pada pertemuan kedua, dan dalam kriteria sedang pada pertemuan ketiga. Selain itu, hasil dari retensi belajar fisika siswa setelah setelah menggunakan buku ajar usaha dan energi berbasis gambar proses adalah 97,27% yang tergolong kriteria tinggi.
Kata Kunci: Buku ajar, gambar proses, pembelajaran fisika, usaha dan energi, retensi hasil belajar