PENGARUH MODEL THINK PAIR SHARE DISERTAI E-MODUL FISIKA BERBASIS ALIRAN IRIGASI TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA SMAN 3 BONDOWOSO

  • Haniah Nur Fadhilah
  • Subiki Subiki
  • Maryani Maryani

Abstract

Penerapan model dan bahan ajar yang sesuai dapat mendukung tercapainya cara belajar menarik dan dapat memberikan kenyamanan di lingkungkangan pembelajaran, salah satunya dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS). Model pembelajaran ini melibatkan siswa secara aktif dalam belajar dan berpikir, serta siswa dituntut untuk saling kerjasama dalam memecahkan permasalahan yang diberikan oleh guru dengan tahapan berpikir (Think), berpasangan (Pair), dan berbagi (Share). Selain menggunakan model, bahan ajar yang diberikan juga dapat mendukung proses pembelajaran siswa. Berdasarkan pengamatan di lapangan jarang ditemukan sekolah yang menggunakan bahan ajar fisika yang mengantarkan siswa dari pengalaman sehari-hari ke materi fisika. Oleh karena itu diperlukan modul atau pelengkap bahan ajar untuk mempermudah pemahaman siswa. Penelitian ini bertujuan untuk melihat aktivitas dan hasil belajar siswa terhadap model pembelajaran Think Pair Share disertai E-Modul Fisika berbasis aliran irigasi. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah true eksperimental dengan menggunakan dua kelas XI MMIPA di SMAN 3 Bondowoso yang menjadi sampel, yaitu kelas kontrol dan kelas eksperimen. Desain penelitian yang digunakan yaitu post test only control. Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan, dapat disimpulkan hasil belajar siswa kelas eksperimen menunjukkan pengaruh yang signifikan
Kata Kunci: Think Pair Share, E-Modul, Hasil Belajar Siswa

Published
2019-12-27
How to Cite
FADHILAH, Haniah Nur; SUBIKI, Subiki; MARYANI, Maryani. PENGARUH MODEL THINK PAIR SHARE DISERTAI E-MODUL FISIKA BERBASIS ALIRAN IRIGASI TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA SMAN 3 BONDOWOSO. FKIP e-PROCEEDING, [S.l.], v. 4, n. 1, p. 237-240, dec. 2019. ISSN 2527-5917. Available at: <https://jurnal.unej.ac.id/index.php/fkip-epro/article/view/15175>. Date accessed: 04 july 2024.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.