MODEL GUIDED INQUIRY DISERTAI TEKNIK PETA KONSEP DALAM PEMBELAJARAN FISIKA

  • Ayu Wulansari
  • Singgih Bektiarso
  • Supeno Supeno

Abstract

Model pembelajaran guided inquiry merupakan suatu kegiatan belajar mengajar yang melibatkan secara maksimal seluruh kemampuan siswa untuk mencari dan menyelidiki secara sistematis, kritis, logis, dan analitis, sehingga mereka dapat merumuskan sendiri penemuannya dengan penuh percaya diri. Fakta dilapangan dalam pembelajaran guided inquiry siswa masih merasa kesulitan dalam proses pembelajaran. Untuk mempermudah siswa dalam proses pembelajarannya maka disertai teknik peta konsep. Dimana teknik peta konsep dapat digunakan untuk mengungkapkan konsepsi, menyelidiki apa yang telah diketahui, menolong siswa mempelajari cara belajar, dan sebagai alat evaluasi. Adapun langkah-langkah pembelajaran guided inquiry yaitu mendapatkan perhatian dan menjelaskan proses inquiry, menyajikan permasalahan inquiry atau kejadian yang tidak sesuai, Meminta siswa merumuskan hipotesis untuk menjelaskan permasalahan atau kejadian, mendorong siswa untuk mengumpulkan data untuk menguji hipotesis, merumuskan penjelasan dan/atau kesimpulan, merefleksikan situasi bermasalah dan proses berpikir yang digunakan untuk menyelidiki. Dengan demikian, siswa dapat dengan memudah memahami materi kaitan konsep-konsep yang telah dipelajarinya.
Kata kunci: model guided inquiry, pembelajaran fisika, peta konsep

Published
2019-12-27
How to Cite
WULANSARI, Ayu; BEKTIARSO, Singgih; SUPENO, Supeno. MODEL GUIDED INQUIRY DISERTAI TEKNIK PETA KONSEP DALAM PEMBELAJARAN FISIKA. FKIP e-PROCEEDING, [S.l.], v. 4, n. 1, p. 224-227, dec. 2019. ISSN 2527-5917. Available at: <https://jurnal.unej.ac.id/index.php/fkip-epro/article/view/15172>. Date accessed: 04 july 2024.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.