ANALISIS KEMAMPUAN INFERENSI SISWA KELAS VII SMP NEGERI 2 JEMBER DENGAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED INSTRUCTION PADA POKOK BAHASAN SUHU DAN PERUBAHANNYA
Abstract
Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mendeskripsikan kemampuan inferensi pada siswa SMP Negeri 2 Jember. Responden dari penelitian ini adalah kelas VII B SMP Negeri 2 Jember pada semester gasal tahun ajaran 2019/2020 yang terdiri dari 32 siswa. Variabel yang diteliti dalam penelitian ini adalah kemampuan inferensi dan aktivitas belajar siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan pendekatan deskriptif. Instrumen penelitian yang digunakan berupa lembar observasi kemampuan inferensi dan lembar observasi aktivitas siswa, LKS berbasis Problem Based Instruction. Data yang diperoleh akan dianalisis dengan teknik analisis data kualitatif. Pelaksanaan penelitian dilakukan dalam 2 siklus pembelajaran dan setiap siklus pembelajaran dilakukan dengan 4 tahapan yaitu: perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Data yang telah diperoleh dianalisis sehingga didapatkan hasil analisis menunjukkan bahwa pada pelaksanaan siklus pembelajaran 1, nilai rata-rata kemampuan inferensi siswa sebesar 68,3 %. Hasil ini berarti belum mencapai indikator yang ditetapkan. Setelah itu dilakukan siklus pembelajaran 2 dengan melakukan beberapa perbaikan dari siklus pembelajaran pertama. Pada siklus pembelajaran 2 diperoleh nilai rata-rata kemampuan inferensi siswa sebesar 77,3 %. Hasil ini menunjukkan bahwa setelah dilakukan pembelajaran yang tepat, siswa kelas VII B SMP Negeri 2 Jember memiliki kemampuan inferensi yang baik dan mencapai indikator yang telah ditentukan.
Kata Kunci: Kemampuan inferensi, Problem Based Instruction, aktivitas belajar