PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI USAHA DI SMP NEGERI 3 JEMBER

  • Nafilah Husnaul Azizah
  • I Ketut Mahardika
  • Anis Prasetyaningsih

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar siswa pada siswa kelas VIII dengan menggunakan model pembelajaran Discovery Learning pada materi usaha. Jenis penelitian adalah Quasi eksperimen. Populasi penelitian ini adalah siswa SMP Negeri 3 Jember. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas VIII E sebanyak 32 anak. Dalam penelitian ini, diawali dengan pre-test kemudian diberikan perlakuan dengan menggunakan model pembelajaran discovery learning dan memberikan post-test setelah melakukan kegiatan belajar mengajar untuk mengetahui skor post-test. Instrumen penelitian berupa tes hasil belajar pre-test – post-test. Hasil analisis data diperoleh bahwa ada perbedaan nilai pre-test dengan nilai post-test akibat pengaruh model pembelajaran discovery learning terhadap hasil belajar siswa pada materi usaha kelas VIII di SMP Negeri 3 Jember. Rata-rata hasil belajar nilai pada pre-test yaitu 56.00 sedangkan pada rata-rata nilai post-test yaitu 83.00, lalu diuji menggunakan Uji N-Gain dan memperoleh nilai 0,6 yang berada pada peningkatan hasil belajar kriteria sedang. Sehingga dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menerapkan model Discovery Learning dapat meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran fisika.
Kata Kunci: Pembelajaran, Discovery Learning, dan Hasil Belajar

Published
2019-12-27
How to Cite
AZIZAH, Nafilah Husnaul; MAHARDIKA, I Ketut; PRASETYANINGSIH, Anis. PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI USAHA DI SMP NEGERI 3 JEMBER. FKIP e-PROCEEDING, [S.l.], v. 4, n. 1, p. 203-206, dec. 2019. ISSN 2527-5917. Available at: <https://jurnal.unej.ac.id/index.php/fkip-epro/article/view/15167>. Date accessed: 26 apr. 2024.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.