PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI USAHA DI SMP NEGERI 3 JEMBER
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar siswa pada siswa kelas VIII dengan menggunakan model pembelajaran Discovery Learning pada materi usaha. Jenis penelitian adalah Quasi eksperimen. Populasi penelitian ini adalah siswa SMP Negeri 3 Jember. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas VIII E sebanyak 32 anak. Dalam penelitian ini, diawali dengan pre-test kemudian diberikan perlakuan dengan menggunakan model pembelajaran discovery learning dan memberikan post-test setelah melakukan kegiatan belajar mengajar untuk mengetahui skor post-test. Instrumen penelitian berupa tes hasil belajar pre-test – post-test. Hasil analisis data diperoleh bahwa ada perbedaan nilai pre-test dengan nilai post-test akibat pengaruh model pembelajaran discovery learning terhadap hasil belajar siswa pada materi usaha kelas VIII di SMP Negeri 3 Jember. Rata-rata hasil belajar nilai pada pre-test yaitu 56.00 sedangkan pada rata-rata nilai post-test yaitu 83.00, lalu diuji menggunakan Uji N-Gain dan memperoleh nilai 0,6 yang berada pada peningkatan hasil belajar kriteria sedang. Sehingga dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menerapkan model Discovery Learning dapat meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran fisika.
Kata Kunci: Pembelajaran, Discovery Learning, dan Hasil Belajar