EFEKTIVITAS PENERAPAN DESAIN PEMBELAJARAN IPA TERPADU TIPE WEBBED PADA KURIKULUM 2013 REVISI UNTUK SISWA SMP KELAS VII

  • Riski Yani
  • Indrawati Indrawati
  • Iwan Wicaksono

Abstract

Kurikulum 2013 revisi menuntut guru untuk bisa meningkatkan keterampilan dalam mengembangkan pembelajaran dan mengaplikasikan dengan baik. IPA sebagai matapelajaran yang integrative science mewajibkan guru untuk memiliki kemampuan interdisipliner IPA dalam pengetahuannya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengukur efektivitas desain Pembelajaran IPA Terpadu Tipe webbed dalam peningkatan aktivitas dan hasil belajar kognitif siswa SMP. Penelitian ini merupakan penelitian Quasi experiment. Sampel penelitian ini adalah siswa SMP kelas VII yang dipilih secara purpossive sampling. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuanitatif berupa hasil pembelajaran siswa dengan pendekatan saintifik dan tematik integratif. Penelitian ini menggunakan metode penelitian quasi experimental design tipe One group pretest-postest. Hasil Penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan Pembelajaran IPA Terpadu Tipe webbed efektif diterapkan pada pembelajaran siswa SMP dengan dibuktikan adanya peningkatan belajar siswa pada materi klasifikasi makhluk hidup. Nilai rata-rata tes sebelum dan sesudah penerapan pembelajaran IPA Terpadu berbasis scientific approach masing-masing adalah 33,4 dan 77, 8 ketika dihitung menggunakan normalized gain <g> hasilnya 0,67 yang masuk dalam kategori sedang. Dari hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa implementasi desain Pembelajaran IPA Terpadu Tipe webbed terbukti efektif karena mampu meningkatkan kualitas pembelajaran pada aspek aktivitas siswa dan hasil belajar kognitif siswa SMP.
Kata Kunci: Pembelajaran tipe Webbed , Hasil belajar

Published
2019-12-27
How to Cite
YANI, Riski; INDRAWATI, Indrawati; WICAKSONO, Iwan. EFEKTIVITAS PENERAPAN DESAIN PEMBELAJARAN IPA TERPADU TIPE WEBBED PADA KURIKULUM 2013 REVISI UNTUK SISWA SMP KELAS VII. FKIP e-PROCEEDING, [S.l.], v. 4, n. 1, p. 173-177, dec. 2019. ISSN 2527-5917. Available at: <https://jurnal.unej.ac.id/index.php/fkip-epro/article/view/15162>. Date accessed: 16 apr. 2024.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.