APLIKASI MODEL NHT (NUMBERED HEADS TOGETHER) UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA PADA MATERI FLUIDA STATIS

  • Nur Kamila
  • Lailatul Nuraini
  • Agung Sedayu

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan keaktifan belajar siswa kelas XI IPA 4 di SMA Muhammadiyah 3 Jember pada materi fluida statis melalui penerapan model pembelajaran NHT (Numbered Head Together). Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus. Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA 4 di SMA Muhammadiyah 3 Jember yang berjumlah 24 siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan lembar observasi dan tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif. Model NHT untuk meningkatkan keaktifan belajar siswa berpengaruh baik dan terjadi peningkatan pada setiap tindakan yang dilakukan. Hasil peningkatan keaktifan belajar siswa dilihat dari nilai presentase setiap indikator: 1) mengemukakan ide, dari sebelum tindakan 4,17% menjadi 29,17% pada akhir tindakan, 2) mengajukan dan menjawab pertanyaan, dari sebelum tindakan 8,33% menjadi 41,67% pada akhir tindakan, 3) mengerjakan soal di depan kelas 12,5% menjadi 41,67% pada akhir tindakan. Model NHT dapat dijadikan salah satu model pembelajaran fisika untuk meningkatkan keaktifan belajar siswa khususnya pada materi fluida statis.
Kata Kunci: Model NHT, Keaktifan Belajar, Fluida Statis

Published
2019-12-27
How to Cite
KAMILA, Nur; NURAINI, Lailatul; SEDAYU, Agung. APLIKASI MODEL NHT (NUMBERED HEADS TOGETHER) UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA PADA MATERI FLUIDA STATIS. FKIP e-PROCEEDING, [S.l.], v. 4, n. 1, p. 159-163, dec. 2019. ISSN 2527-5917. Available at: <https://jurnal.unej.ac.id/index.php/fkip-epro/article/view/15157>. Date accessed: 29 mar. 2024.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.