MODEL KOOPERATIF THINK PAIR SHARE (TPS) DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK PADA PEMBELAJARAN FISIKA
Abstract
Pembelajaran fisika merupakan proses interaksi antara siswa dan guru dalam mempelajarai keadaan maupun fenomena alam hidup atau tak hidup yang dikaitkan dengan konsep-konsep tertentu untuk mencapai tujuan pembelajaran. Dalam proses pembelajaran diperlukan suatu model pembelajaran yang berguna sebagai pedoman dalam melaksanakan proses pembelajaran. Model kooperatif Think Pair Share merupakan model pembelajaran dimana dalam proses pembelajaran siswa dibentuk kelompok kemudian siswa diarahkan untuk berpikir, berdiskusi, serta mengkomunikasikan. Pada model kooperatif Think Pair Share terdapat tiga tahapan yang utama yaitu guru memberikan permasalahan kemudian siswa dianjurkan untuk memikirkan solusi permasalahan tersebut (Think), lalu guru memberi kesempatan kepada siswa untuk mendiskusikan solusi permasalahan tersebut dengan kelompok masing-masing (Pair), setelah itu siswa diminta untuk mengkomunikasikan hasil diskusi ke kelompok lainnya (Share). Selain model pembelajaran diperlukan juga adanya pendekatan sebagai suatu perlakuan dalam memandang permasalahan yang akan diterapkan dalam proses pembelajaran. Pendekatan yang digunakan dalam kurikulum 2013 adalah pendekatan saintifik yang merupakan pendekatan ilmiah yang didasarkan pada fenomena alam yang dapat dijelaskan oleh logika. Oleh karena itu pembelajaran menggunakan model kooperatif Think Pair Share (TPS) dengan pendekatan saintifik diharapkan menjadi salah satu alternatif yang dapat digunakan dalam proses pembelajaran fisika yang sesuai dengan kurikulum 2013.
Kata Kunci: Model Kooperatif Think Pair Share, Pendekatan Saintifik, Pembelajaran Fisika