KAJIAN KINEMATIKA JALUR WISATA GUNUNG BROMO MELALUI SENDURO-LUMAJANG SEBAGAI E-SUPLEMEN BAHAN AJAR FISIKA SMA

  • Intan Dwi Handayani
  • Singgih Bektiarso
  • Sri Astutik

Abstract

Pada zaman modern seperti ini, pembelajaran yang ada di sekolah hendaknya mampu memanfaatkan fasilitas-fasilitas yang ada. Salah satunya media elektronik seperti HP yang sudah tidak asing lagi di kalangan masyarakat khususnya siswa. Dengan fasilitas yang ada maka pembelajaran harusnya mampu membuat siswa menjadi lebih aktif. Pembelajaran tersebut dapat dilakukan dengan menggunakan sumber belajar kontekstual, artinya bahwa materi pada sumber belajar dikaitkan langsung dengan kondisi nyata untuk mendapatkan data-data real di lapangan. Namun pada faktanya masih banyak sumber belajar yang kurang meninjau dari data-data atau fakta langsung di lapangan, sehingga materi yang seharusnya membutuhkan pemahaman konsep dengan baik masih tergolong kurang dikembangkan, salah satunya materi fisika tentang kinematika gerak. Tujuan penelitian ini adalah mengkaji kinematika gerak yang memanfaatkan potensi lokal Gunung Bromo jalur Senduro-Lumajang untuk dijadikan buku suplemen atau buku penunjang di sekolah dalam bentuk elektronik yang disebut dengan e-suplemen bahan ajar. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini berupa data-data besaran fisika tentang kinematika gerak, yaitu gerak lurus yang dilakukan pada dua lintasan, yaitu lintasan datar (kecepatan) dan lintasan miring atau menurun (kecepatan dan percepatan) untuk dikaji dan dijadikan bahan untuk pembuatan e-suplemen bahan ajar fisika berbasis potensi lokal.
Kata Kunci: Pembelajaran Fisika, Kinematika Gerak, Suplemen Bahan Ajar

Published
2019-12-27
How to Cite
HANDAYANI, Intan Dwi; BEKTIARSO, Singgih; ASTUTIK, Sri. KAJIAN KINEMATIKA JALUR WISATA GUNUNG BROMO MELALUI SENDURO-LUMAJANG SEBAGAI E-SUPLEMEN BAHAN AJAR FISIKA SMA. FKIP e-PROCEEDING, [S.l.], v. 4, n. 1, p. 146-151, dec. 2019. ISSN 2527-5917. Available at: <https://jurnal.unej.ac.id/index.php/fkip-epro/article/view/15155>. Date accessed: 26 apr. 2024.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.