IDENTIFIKASI PEMAHAMAN KONSEP SISWA KELAS XI PADA MATERI ELASTISITAS DAN HUKUM HOOKE MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN DIRECT INSTRUCTION DI SMAN 4 JEMBER

  • Dya Ayu Safitri
  • Sri Handono Budi Prastowo
  • Eny Sulistyowati

Abstract

Pembelajaran fisika sangat erat kaitannya dengan konsep, sehingga pemahaman konsep pada materi fisika harus dipahami dengan baik terlebih dahulu untuk dapat menyelesaikan permasalahan soal dan pemahaman konsep juga menjadi acuan dalam tingkat keberhasilan siswa selama pembelajaran fisika. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat pemahaman siswa terhadap konsep materi elastisitas dengan menggunakan model pembelajaran direct istruction. Penelitian ini dilakukan pada 36 siswa kelas XI MIPA 2 di SMAN 4 Jember. Pembelajaran dilakukan dengan menggunakan model direct instruction. Pengkartegorian jawaban siswa diadaptasi berdasarkan kartegori n-gain. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pemahaman konsep siswa dalam hal menafsirkan memiliki kartegori tinggi dengan presentase 70 %, menginferensi 65%, membandingkan 50%, menjelaskan 40%. Hasil dari penggunaan model pembelajaran langsung (Direct Instruction) terhadap pemahaman konsep siswa pada materi elastisitas dan Hukum Hooke memiliki presentase yang cukup baik.
Kata Kunci: Pemahaman Konsep Siswa Kelas Xi Pada Materi Elastisitas Dan Hukum Hooke, Model Pembelajaran Direct Instruction

Published
2019-12-27
How to Cite
SAFITRI, Dya Ayu; PRASTOWO, Sri Handono Budi; SULISTYOWATI, Eny. IDENTIFIKASI PEMAHAMAN KONSEP SISWA KELAS XI PADA MATERI ELASTISITAS DAN HUKUM HOOKE MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN DIRECT INSTRUCTION DI SMAN 4 JEMBER. FKIP e-PROCEEDING, [S.l.], v. 4, n. 1, p. 141-145, dec. 2019. ISSN 2527-5917. Available at: <https://jurnal.unej.ac.id/index.php/fkip-epro/article/view/15154>. Date accessed: 04 july 2024.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.