MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) UNTUK MENINGKATKAN SCIENTIFIC REASONING SISWA

  • Achmad Faizul Musyaffa
  • Nur Diana Rosyidah
  • Edi Supriana

Abstract

Penggunaan model pembelajaran yang kurang sesuai bisa menyebabkan siswa kesulitan dalam menyatakan suatu alasan ilmiah. Siswa perlu berlatih keterampilan scientific reasoning seperti proses berpikir untuk meneliti, memahami, dan mengkritisi objek atau fenomena. Keterampilan scientific reasoning bisa dilatihkan oleh guru dengan cara menerapkan pembelajaran berbasis inkuiri yang salah satunya adalah Problem Based Learning (PBL). PBL mempunyai lima langkah, yaitu: (1) orientasi peserta didik pada masalah, (2) mengorganisasi peserta didik untuk belajar, (3) membimbing penyelidikan kelompok, (4) mengembangkan dan menyajikan hasil karya, dan (5) Menganalisis dan mengevaluasi proses pemecahan masalah. Model PBL merupakan salah satu pendekatan pembelajaran yang menekankan pada pembelajaran saintifik, karena dengan diberikan masalah dan kemudian siswa dituntut untuk memecahkannya, kemampuan scientific reasoning siswa akan berkembang.
Kata Kunci: Problem Based Learning, Pembelajaran Inkuiri, Scientific reasoning

Published
2019-12-27
How to Cite
MUSYAFFA, Achmad Faizul; ROSYIDAH, Nur Diana; SUPRIANA, Edi. MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) UNTUK MENINGKATKAN SCIENTIFIC REASONING SISWA. FKIP e-PROCEEDING, [S.l.], v. 4, n. 1, p. 129-133, dec. 2019. ISSN 2527-5917. Available at: <https://jurnal.unej.ac.id/index.php/fkip-epro/article/view/15152>. Date accessed: 24 apr. 2024.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.