KAJIAN MODEL COLLABORATIVE LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA

  • Anggraining Widiningtyas
  • Achmad Faizul Musyaffa
  • Edi Supriana

Abstract

Siswa pada abad 21 dituntut untuk memiliki empat kecakapan yaitu Critical Thinking and Problem Solving, Creativity and Innovation, Communication, and Collaborative. Untuk mencapai kecakapan tersebut perlu mempersiapkan pendidikan yang merupakan peranan penting untuk menghadapi kemajuan teknologi modern yang pesat agar generasi yang akan datang mampu bersaing dalam zaman globalisasi. Dan juga diperlukan pemilihan model pembelajaran yang tepat dalam proses belajar mengajar. Salah satu model yang sedang berkembang adalah Collaborative Learning. Model pembelajaran ini merupakan implikasi dari tuntutan pendidikan abad ke-21 yaitu kecapakan dalam collaborative atau kolaborasi. Artikel ini mempunyai tujuan untuk mengkaji Collaborative learning yang berpengaruh terhadap hasil belajar siswa. Penelitian ini menggunakan studi literatur dari beberapa artikel terkait dalam pengumpulan data. Dari hasil simpulan yang dapat diketahui bahwa dengan Collaborative learning meningkatkan hasil belajar siswa.
Kata Kunci: Collaborative learning, Hasil Belajar, Model Pembelajaran

Published
2019-12-27
How to Cite
WIDININGTYAS, Anggraining; MUSYAFFA, Achmad Faizul; SUPRIANA, Edi. KAJIAN MODEL COLLABORATIVE LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA. FKIP e-PROCEEDING, [S.l.], v. 4, n. 1, p. 120-124, dec. 2019. ISSN 2527-5917. Available at: <https://jurnal.unej.ac.id/index.php/fkip-epro/article/view/15150>. Date accessed: 29 mar. 2024.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.