ANALISIS KEMAMPUAN ARGUMENTASI SISWA SMP PADA PEMBELAJARAN IPA
Abstract
Perkembangan IPTEK pada abad 21 menuntut inovasi di bidang pendidikan untuk meningkatkan kemampuan berpikir tingkat tinggi utamanya pada kemampuan argumentasi. Kemampuan argumentasi dapat digunakan untuk memperkuat suatu pernyataan melalui suatu analisis berpikir kritis dengan bukti dan alasan yang logis. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan argumentasi siswa SMP pada pembelajaran IPA. Kemampuan argumentasi terdiri atas, kemampuan memberikan bukti dan justifikasi dari argumen, kontra argumen, dan sanggahan. Pencapaian skor dari kemampuan argumentasi dapat dibagi menjadi lima, yaitu Sangat Rendah (SR), Rendah (R), Sedang (S), Tinggi (T), Sangat Tinggi (ST). Hasil dari analisis kemampuan argumentasi siswa SMP pada pembelajaran IPA materi suhu dan kalor berada pada kriteria Sedang (S). Hasil dari penelitian ini diharapkan dapat digunakan sebagai dasar untuk meningkatkan suatu kemampuan argumentasi pada kegiatan pembelajaran IPA di SMP.
Kata kunci : Pendidikan, Argumentasi, SMP, Abad 21, Penalaran