ANALISIS KEMAMPUAN ARGUMENTASI SISWA SMP PADA PEMBELAJARAN IPA

  • Berliana Oni Imaniar
  • Sri Astutik

Abstract

Perkembangan IPTEK pada abad 21 menuntut inovasi di bidang pendidikan untuk meningkatkan kemampuan berpikir tingkat tinggi utamanya pada kemampuan argumentasi. Kemampuan argumentasi dapat digunakan untuk memperkuat suatu pernyataan melalui suatu analisis berpikir kritis dengan bukti dan alasan yang logis. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan argumentasi siswa SMP pada pembelajaran IPA. Kemampuan argumentasi terdiri atas, kemampuan memberikan bukti dan justifikasi dari argumen, kontra argumen, dan sanggahan. Pencapaian skor dari kemampuan argumentasi dapat dibagi menjadi lima, yaitu Sangat Rendah (SR), Rendah (R), Sedang (S), Tinggi (T), Sangat Tinggi (ST). Hasil dari analisis kemampuan argumentasi siswa SMP pada pembelajaran IPA materi suhu dan kalor berada pada kriteria Sedang (S). Hasil dari penelitian ini diharapkan dapat digunakan sebagai dasar untuk meningkatkan suatu kemampuan argumentasi pada kegiatan pembelajaran IPA di SMP.
Kata kunci : Pendidikan, Argumentasi, SMP, Abad 21, Penalaran

Published
2019-12-27
How to Cite
IMANIAR, Berliana Oni; ASTUTIK, Sri. ANALISIS KEMAMPUAN ARGUMENTASI SISWA SMP PADA PEMBELAJARAN IPA. FKIP e-PROCEEDING, [S.l.], v. 4, n. 1, p. 92-96, dec. 2019. ISSN 2527-5917. Available at: <https://jurnal.unej.ac.id/index.php/fkip-epro/article/view/15143>. Date accessed: 26 apr. 2024.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.