NOVEMBER 2019 77 PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA POKOK BAHASAN VEKTOR SISWA SMA

  • Alivea Pisca Dianty
  • Sri Handono Budi Prastowo
  • Siva Nur Ismaya

Abstract

Berdasarkan hasil wawancara yang dilakukan terhadap beberapa siswa di SMA Negeri 4 Jember didapatkan bahwa kebanyakan siswa belum mampu memahami konsep fisika secara dasar dalam pengaplikasian di kehidupan nyata, dan sering kebingungan tentang kegunaan mempelajari fisika karena hanya terpaku pada rumus matematis dan latihan soal yang diberikan guru. Akibat dari seringnya siswa mendapatkan pembelajaran yang terpaku pada rumus, maka keaktifan dan kreativitas siswa cenderung terbatas dalam pengapilikasian fisika dalam kehidupan nyata terutama dalam perkembangan IPTEK. Maka dari itu perlu penerapan model pembelajaran yang melibatkan siswa agar aktif dan kreatif dalam pengaplikasian ilmu fisika dalam kehidupan nyata terutama dalam bidang IPTEK. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran discovery learning terhadap hasil belajar fisika. Jenis penelitian ini adalah eksperimental yang dilakukan di SMAN 4 Jember. Penelitian ini dilaksanakan di kelas X IPS 1 dan X IPS 2 yang masing-masing terdiri dari 34 dan 36 siswa. Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah two group posttest only design. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan tes akhir. Hasil belajar yang didapatkan siswa setelah diterapkan model pembelajaran discovery learning menunjukkan kategori N-gain 0,85. Hal ini menunjukkan bahwa pembelajaran menggunakan model discovery learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa.
Kata Kunci: discovery learning, hasil belajar

Published
2019-12-27
How to Cite
DIANTY, Alivea Pisca; PRASTOWO, Sri Handono Budi; ISMAYA, Siva Nur. NOVEMBER 2019 77 PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA POKOK BAHASAN VEKTOR SISWA SMA. FKIP e-PROCEEDING, [S.l.], v. 4, n. 1, p. 77-80, dec. 2019. ISSN 2527-5917. Available at: <https://jurnal.unej.ac.id/index.php/fkip-epro/article/view/15140>. Date accessed: 28 mar. 2024.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.