INTEGRASI KOSMOLOGI DALAM AL-QUR’AN UNTUK PEMBELAJARAN FISIKA

  • Faris Ashari
  • Faiz Hasyim
  • Hari Anggit Cahyo Wobowo

Abstract

Kosmologi merupakan salah satu cabang ilmu fisika yang mempelajari penciptaan alam semesta dan gerak benda-benda angkasa. Informasi tentang kosmologi telah tercantum di dalam Al-Qur’an. Untuk pebelajaran fisika tentang kosmologi, diperlukan integrasi terhadap Al-Qur’an dan pembuktiannya agar dapat menigkatkan keyakinan peserta didik terhadap keilmiahan Al-Qur’an dan meningkatkan hasil belajar. Penelitian ini bertujuan untuk menghubungkan hasil temuan para ilmuan tentang kosmologi dan berbagai informasi yang terdapat pada Al-Qur’an dengan pembelajaran fisika. Penelitian ini dilakukan dengan meriview berbagai literatur yang memuat konsep fisika tentang penciptaan alam semesta, gerak benda-benda angkasa kemudian menghubungkannya dengan berbagai informasi yang terdapat pada Al-Qur’an dan tafsir untuk diintegrasikan di dalam pembelajaran fisika. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peserta didik yang belajar menggunakan integrasi sains islam dapat meningkatkan hasil belajar, motivasi belajar, dan sikap spiritual secara signifikan.
Kata Kunci : kosmologi, Al-Qur’an, pembelajaran fisika, integrasi

Published
2019-12-27
How to Cite
ASHARI, Faris; HASYIM, Faiz; WOBOWO, Hari Anggit Cahyo. INTEGRASI KOSMOLOGI DALAM AL-QUR’AN UNTUK PEMBELAJARAN FISIKA. FKIP e-PROCEEDING, [S.l.], v. 4, n. 1, p. 71-76, dec. 2019. ISSN 2527-5917. Available at: <https://jurnal.unej.ac.id/index.php/fkip-epro/article/view/15138>. Date accessed: 29 mar. 2024.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.