MODEL DISCOVERY LEARNING PADA PEMBELAJARAN STRUKTUR DAN FUNGSI TUMBUHAN KELAS VIII SMP

  • Sylvia Rimbanita Purwanto
  • Indrawati Indrawati
  • Mustangin Mustangin

Abstract

Model pembelajaran discovery learning merupakan model pembelajaran yang menekankan pada penemuan yang melibatkan siswa secara aktif. Pada artikel ini akan dibahas mengenai model Discovery Learning dalam meningkatkan hasil belajar siswa SMP kelas VIII pada materi Struktur dan Fungsi Tumbuhan. Desain yang digunakan pada penelitian ini adalah One Group Pretest-Posttest Design dengan subjek siswa kelas VIII B SMP N 11 Jember yang berjumlah 32 siswa. Instrumen yang digunakan mencakup 5 soal pilihan ganda dan 5 soal uraian. Data yang diperoleh kemudian diolah menggunakan Mc. Excel, dan menggunakan rumus N-gain. Berdasarkan perhitungan data didapatkan hasil N-gain sebesar 0,71619, hasil tersebut termasuk dalam kategori tinggi yang artinya menunjukkan bahwa model pembelajaran Discovery learning efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII SMP pada pada materi Struktur dan Fungsi Tumbuhan.
Kata Kunci: Discovery learning, Hasil Belajar, One group Pretest-Posttest

Published
2019-12-27
How to Cite
PURWANTO, Sylvia Rimbanita; INDRAWATI, Indrawati; MUSTANGIN, Mustangin. MODEL DISCOVERY LEARNING PADA PEMBELAJARAN STRUKTUR DAN FUNGSI TUMBUHAN KELAS VIII SMP. FKIP e-PROCEEDING, [S.l.], v. 4, n. 1, p. 50-53, dec. 2019. ISSN 2527-5917. Available at: <https://jurnal.unej.ac.id/index.php/fkip-epro/article/view/15127>. Date accessed: 27 apr. 2024.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.