PEMANFAATAN LINGKUNGAN SEKOLAH SEBAGAI SUMBER BELAJAR UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA PADA MATERI KLASIFIKASI MAHLUK HIDUP

  • Siska Apriliani
  • Tri Puji Santoso
  • Dwi Yoga Brillianto

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas pemanfaatan lingkungan sekolah sebagai sumber belajar pada materi klasifikasi mahkluk hidup Belajar dengan pendekatan lingkungan berarti peserta didik mendapatkan pengetahuan dan pemahaman dengan cara mengamati sendiri apa-apa yang ada di lingkungan sekitar, baik di lingkungan rumah maupun lingkungan sekolah. Hasil belajar adalah ukuran yang menyatakan seberapa jauh tujuan pembelajaran yang telah dicapai khususnya pada pelajaran Biologi dengan menggunakan lingkungan sekolah dalam pembelajaran. Hasil penelitian tentang penggunaan lingkungan sebagai sumber belajar disimpulkan dapat peningkatan hasil belajar IPA pada materi klasifikasi makhluk hidup dan benda tak hidup pada siswa kelas VII di MTs Negeri 2 Jember. Populasi penelitian seluruh siswa kelasVII MTs N 2 Jember. Sampel penelitian yaitu kelas VII E dan VII G. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas siswa secara klasikal berada pada kriteria sangat aktif. Indikator aktivitas kegiatan diskusi dan intensitas bertanya termasuk sangat aktif,sedangkan indikator menjawab pertanyaan dan mengemukakan pendapat pada kriteria cukup aktif. Hasil belajar kognitif menunjukkan nilai akhir siswa dari rata-rata nilai UKBM dan posttest menunjukkan 100% siswa tuntas KKM. Nilai UKBM lebih dominan menentukan nilai akhir daripada nilai posttest.
Kata Kunci: Lingkungan, sumber belajar, hasil belajar

Published
2019-12-27
How to Cite
APRILIANI, Siska; SANTOSO, Tri Puji; BRILLIANTO, Dwi Yoga. PEMANFAATAN LINGKUNGAN SEKOLAH SEBAGAI SUMBER BELAJAR UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA PADA MATERI KLASIFIKASI MAHLUK HIDUP. FKIP e-PROCEEDING, [S.l.], v. 4, n. 1, p. 39-42, dec. 2019. ISSN 2527-5917. Available at: <https://jurnal.unej.ac.id/index.php/fkip-epro/article/view/15121>. Date accessed: 26 apr. 2024.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.