PEMANFAATAN LINGKUNGAN SEKOLAH SEBAGAI SUMBER BELAJAR UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA PADA MATERI KLASIFIKASI MAHLUK HIDUP
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas pemanfaatan lingkungan sekolah sebagai sumber belajar pada materi klasifikasi mahkluk hidup Belajar dengan pendekatan lingkungan berarti peserta didik mendapatkan pengetahuan dan pemahaman dengan cara mengamati sendiri apa-apa yang ada di lingkungan sekitar, baik di lingkungan rumah maupun lingkungan sekolah. Hasil belajar adalah ukuran yang menyatakan seberapa jauh tujuan pembelajaran yang telah dicapai khususnya pada pelajaran Biologi dengan menggunakan lingkungan sekolah dalam pembelajaran. Hasil penelitian tentang penggunaan lingkungan sebagai sumber belajar disimpulkan dapat peningkatan hasil belajar IPA pada materi klasifikasi makhluk hidup dan benda tak hidup pada siswa kelas VII di MTs Negeri 2 Jember. Populasi penelitian seluruh siswa kelasVII MTs N 2 Jember. Sampel penelitian yaitu kelas VII E dan VII G. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas siswa secara klasikal berada pada kriteria sangat aktif. Indikator aktivitas kegiatan diskusi dan intensitas bertanya termasuk sangat aktif,sedangkan indikator menjawab pertanyaan dan mengemukakan pendapat pada kriteria cukup aktif. Hasil belajar kognitif menunjukkan nilai akhir siswa dari rata-rata nilai UKBM dan posttest menunjukkan 100% siswa tuntas KKM. Nilai UKBM lebih dominan menentukan nilai akhir daripada nilai posttest.
Kata Kunci: Lingkungan, sumber belajar, hasil belajar