MEDIA SPARKOL VIDEOSCRIBE TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA SMP DALAM PEMBELAJARAN IPA (ASAM, BASA, DAN GARAM)
Abstract
Penulisan ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media sparkol videoscribe terhadap hasil belajar siswa SMP dalam pembelajaran IPA (asam, basa, dan garam). Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah quasi experimental design dengan desain pretest and posttest design. Pembelajaran IPA adalah ilmu pengetahuan yang mempelajari fenomena-fenomena alam semesta dan kebenarannya telah diuji melalui metode ilmiah. Terkadang fenomena alam yang diajarkan dalam pembelajaran IPA terlalu abstrak sehingga dapat mempengaruhi hasil belajar siswa. Oleh karena itu, diperlukan sebuah perantara seperti media pembelajaran berupa media sparkol videoscribe. Media sparkol videoscribe merupakan sebuah media pembelajaran video animasi dari rangkaian gambar, suara, animasi, grafis dengan karakteristik unik menyajikan konten pembelajaran yang menarik yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa uji N-gain peningkatan sebesar 60% untuk kelas eksperimen dan 40% untuk kelas kontrol. Sehingga, dapat disimpulkan bahwa media sparkol videoscribe dapat meningkatkan hasil belajar siswa SMP dalam pembelajaran IPA (asam, basa, dan garam).
Kata Kunci: Hasil belajar, media sparkol videoscribe, pembelajaran IPA