RESPON MAHASISWA CALON GURU DENGAN JADWAL FLEKSIBEL DAN TERSTRUKTUR TERHADAP PEMBELAJARAN BERBASIS (E-LEARNING)
Abstract
Banyak perguruan tinggi khususnya di daerah Surabaya ingin meningkatkan kualitas sumber daya manusia yang akan diarahkan pada penguasaan IPTEK dan informasi, serta membuat lulusan pendidikan yang lebih berkualitas, agar dapat berdaya saing di kancah ASEAN. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan Respon Mahasiswa Calon Guru Dengan Jadwal Fleksibel Dan Terstruktur Terhadap Pembelajaran Berbasis (E-Learning), respon tersebut akan digunakan sebagai acuan untuk menerapkan pembelajaran berbasis E-Learning yang lebih berkualitas dan tepat guna serta mampu memberi inovasi pendidikan di Indonesia. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif dengan teknik pengumpulan data menggunakan data angket mahasiswa. Data penelitian ini dianalisis menggunakan distribusi persentase (%). Hasil penelitian menunjukkan bahwa 93% mahasiswa calon guru dengan jadwal fleksibel setuju jika pembelajaran berbasis E-Learning diterapkan dalam perkuliahan, terdapat perbedaan hasil yaitu 90% mahasiswa dengan jadwal terstruktur setuju jika pembelajaran berbasis E-Learning diterapkan. Dalam segi kebermanfaatan mahasiswa calon guru dengan jadwal fleksibel merasakan manfaat pembelajaran E-Learning dengan presentase 75%, hasil berbeda diperoleh yaitu 90% mahasiswa calon guru dengan jadwal terstruktur merasakan manfaat pembelajaran E-Learning.
Kata Kunci: Inovasi Pendidikan, Pembelajaran E-Learning