RESPON MAHASISWA CALON GURU DENGAN JADWAL FLEKSIBEL DAN TERSTRUKTUR TERHADAP PEMBELAJARAN BERBASIS (E-LEARNING)

  • Ari Krismandana
  • Julius Ferino do Carmo
  • Hari Anggit Cahyo Wibowo

Abstract

Banyak perguruan tinggi khususnya di daerah Surabaya ingin meningkatkan kualitas sumber daya manusia yang akan diarahkan pada penguasaan IPTEK dan informasi, serta membuat lulusan pendidikan yang lebih berkualitas, agar dapat berdaya saing di kancah ASEAN. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan Respon Mahasiswa Calon Guru Dengan Jadwal Fleksibel Dan Terstruktur Terhadap Pembelajaran Berbasis (E-Learning), respon tersebut akan digunakan sebagai acuan untuk menerapkan pembelajaran berbasis E-Learning yang lebih berkualitas dan tepat guna serta mampu memberi inovasi pendidikan di Indonesia. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif dengan teknik pengumpulan data menggunakan data angket mahasiswa. Data penelitian ini dianalisis menggunakan distribusi persentase (%). Hasil penelitian menunjukkan bahwa 93% mahasiswa calon guru dengan jadwal fleksibel setuju jika pembelajaran berbasis E-Learning diterapkan dalam perkuliahan, terdapat perbedaan hasil yaitu 90% mahasiswa dengan jadwal terstruktur setuju jika pembelajaran berbasis E-Learning diterapkan. Dalam segi kebermanfaatan mahasiswa calon guru dengan jadwal fleksibel merasakan manfaat pembelajaran E-Learning dengan presentase 75%, hasil berbeda diperoleh yaitu 90% mahasiswa calon guru dengan jadwal terstruktur merasakan manfaat pembelajaran E-Learning.
Kata Kunci: Inovasi Pendidikan, Pembelajaran E-Learning

Published
2019-12-27
How to Cite
KRISMANDANA, Ari; DO CARMO, Julius Ferino; WIBOWO, Hari Anggit Cahyo. RESPON MAHASISWA CALON GURU DENGAN JADWAL FLEKSIBEL DAN TERSTRUKTUR TERHADAP PEMBELAJARAN BERBASIS (E-LEARNING). FKIP e-PROCEEDING, [S.l.], v. 4, n. 1, p. 31-35, dec. 2019. ISSN 2527-5917. Available at: <https://jurnal.unej.ac.id/index.php/fkip-epro/article/view/15114>. Date accessed: 29 mar. 2024.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.