PEACE (PROSPEK IMPLEMENTASI ARTIFICIAL INTELLIGENCE) DALAM NATURAL SCIENCE LEARNING (NSL) BERBASIS AUGMENTED REALITY (AR) DI SEKOLAH

  • M. Nur
  • Arina Zulfa
  • Kholida Nailil Muna

Abstract

Artificial Intelligence merupakan terobosan suatu teknologi yang berkembang pesat di era revolusi industri 4.0. AI mengacu pada simulasi kecerdasan manusia dalam mesin yang diprogram untuk berfikir seperti manusia dan meniru tindakannya. Salah satu kebermanfaatan AI adalah di bidang pendidikan seperti penggunaan teknologi untuk kegiatan pembelajaran di sekolah. Teknologi computer vision merupakan cabang dari artificial intelligence dengan memanfaatkan komputer agar menghasilkan produk berbasis teknologi. Salah satu bentuk produk yang dihasilkan dari perkembangan tersebut ialah Augmented Reality (AR). AR adalah salah satu upaya teknologi yang dapat menggabungkan dunia nyata dan dunia virtual seolah-olah tidak ada batas antar keduanya. Dengan kemampuan tersebut, AR memiliki potensi untuk meningkatkan kualitas pembelajaran di sekolah. Tujuan dari kajian ini adalah menentukan potensi augmented reality dalam natural science learning di sekolah, ditinjau dari tingkat validasi oleh ahli materi dan ahli media, mengidentifikasi penerapannya di berbagai materi dalam IPA, serta menentukan dampaknya. Metode penelitian yang dilakukan menggunakan meta-analisis. Kajian awal yang dilakukan yaitu pengumpulan berbagai data dari peneliti sebelumnya, menganilis potensinya dengan perhitungan persentase sesuai hasil kajian pustaka kemudian dituangkan dalam bentuk tabel dan diagram. Kesimpulan yang dihasilkan ialah tingkat kelayakan teknologi augmented reality berturut-turut dibidang Fisika, Biologi, Kimia, dan IPA adalah 85,92%, 86,64%, 90,23%, dan 88,83%. Sehingga rata-rata secara keseluruhan 87,90%. Implementasi AR dalam natural science learning memberikan dampak yang positif dan layak digunakan di sekolah.
Kata Kunci: Artificial Intelligence, Natural Science Learning, Augmented Reality.

Published
2019-12-27
How to Cite
NUR, M.; ZULFA, Arina; MUNA, Kholida Nailil. PEACE (PROSPEK IMPLEMENTASI ARTIFICIAL INTELLIGENCE) DALAM NATURAL SCIENCE LEARNING (NSL) BERBASIS AUGMENTED REALITY (AR) DI SEKOLAH. FKIP e-PROCEEDING, [S.l.], v. 4, n. 1, p. 19-26, dec. 2019. ISSN 2527-5917. Available at: <https://jurnal.unej.ac.id/index.php/fkip-epro/article/view/15110>. Date accessed: 02 may 2024.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.